SDN 1 Linggasari Ciamis Intens Tingkatkan Minat Baca Siswa

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Linggasari Ciamis yang beralamat di  Jl. Ir. H. Juanda No. 84, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, intens mengupayakan peningkatan literasi guna memacu minat baca serta wawasan para siswa.

Kepala SDN 1 Linggasari, Dedi mulyadi S.Pd.,MM., sekaligus pembina literasi sekolah, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR di ruang kerjanya, Senin (23/07/2018), membenarkan upaya pihaknya meningkatkan minat baca para siswa.

Menurut Dedi, pihaknya sudah memiliki fasilitas buku dan ruang perpustakaan yang memadai. Dan untuk memanfaatkan fasilitas itu, pihaknya saat ini fokus pada program literasi sekolah.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan membangun budaya membaca siswa, dengan mengedepankan kebutuhan siswa, sehingga siswa bukan lagi tertarik membaca tetapi bisa memahami bahkan mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalamnya untuk menambah pengetahuannya,” kata Dedi.

Selain itu, Dedi menegaskan, pihaknya ingin membiasakan siswa untuk membaca buku ketika di rumah. Dengan kata lain, membaca buku menjadi sebuah rutinitas wajib bagi para siswa saat di rumah.

“Kami terus menekankan kegemaran membaca kepada semua warga sekolah. Karena untuk  meningkatkan minat baca, khususnya di lingkungan sekolah, harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah,” katanya.

Untuk itu, Dedi mengaku sudah menginstruksikan kepada semua guru agar memotivasi siswa untuk membaca, dengan cara meluangkan waktu selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar.

“Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan intisari dari apa yang sudah mereka baca, kemudian guru memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Ini sangat efektif untuk meningkatkan minat baca siswa,” ujarnya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA