September 2018, KNPI Ciamis Gelar Musda XIV

Musda KNPI Ciamis. Foto: Ilustrasi/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ciamis akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) XIV, yang rencananya akan berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Ciamis pada tanggal 22-23 September 2018.

Agenda Musda XIV 2018 KNPI ini salah satunya membahas tentang pemilihan Ketua KNPI dan pergantian struktur kepengurusan untuk masa kerja periode 2017-2020.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis, Ardan Rosdiana, ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/08/2018), mengatakan, KNPI terdiri dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan diantaranya dari sayap partai politik.

“Musda XIV baru bisa dilksanakan menjelang akhir September 2018 ini. Agendanya memilih Ketua Baru untuk periode 2017-2020, berikut pembentukan kepengurusannya,” katanya.

Ardan berharap, Musda XIV bisa menghasilkan sosok kader yang memiliki keinginan agar KNPI kedepan semakin baik. Menurut dia, siapapun yang bakal menahkodai KNPI diharapkan dapat merangkul dan mengembangkan potensi pemuda di Kabupaten Ciamis.

Ardan menjelaskan, berdasarkan hasil rapat pleno pengurus DPD KNPI Kabupaten Ciamis yang digelar 20 Juli 2018 lalu, Stering Committee (SC) dan Organizing Comittee (OC) sudah bergerak melakukan tahapan-tahapan untuk melakukan penjaringan bakal calon ketua.

“Dari jumlah 78 OKP dan 26 Pengurus Kecamatan (PK) terverifikasi, berhak untuk mengajukan bakal calon ketua, dengan ketentuan PK dapat merekomendasikan maksimal untuk dua orang bakal calon,” jelasnya.

Sementara untuk OKP tingkat kabupaten, lanjut Ardan, hanya dapat memberikan rekomendasi kepada satu orang bakal calon. Apabila surat rekomendasi tersebut dikeluarkan lebih dari satu dukungan kepada bakal calon lainnya, maka surat dukungan tersebut dinyatakan batal seluruhnya.

“Sedangkan sebagai persyaratan mutlak, setiap bakal calon harus mengantongi rekomendasi dukungan secara tertulis oleh minimal 6 OKP dan 3 PK,” paparnya.

Ardan menuturkan, untuk pengambilan blanko formulir bakal calon ketua akan berlangsung 9 sampai 11 September 2018. Dan untuk pengembaliannya dijadwalkan pada 12-13 September 2018, disertai dengan menyerahkan dokumen rekomedasi dukungan OKP dan PK.

Ketua Dewan Pembina Formagat Kabupaten Ciamis, Ifan Sofarudin Jauhari, ketika dimintai tanggapan terkait Musda XIV 2018, menyatakan siap untuk maju dalam pemilihan Ketua DPD KNPI Ciamis.

“Tujuan saya maju dalam pemilihan Ketua KNPI Ciamis diantaranya karena saat ini kaum muda harus bisa menjadi tolak ukur atau tombaknya pembangunan di Kabupaten Ciamis, baik itu pembangunan di pemerintahan, SDA serta SDM,” katanya.

Ije mengaku, selain mendapat dukungan dari Formagat, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari beberapa Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) se Kabupaten Ciamis.

“Formagat sudah mendukung. Karena saya aktif di organisasi kekaryaan, alhamdulilah 12 organisasi kekaryaan bulat satu suara dan mendorong saya maju sebagai kandidat Ketua KNPI,” katanya.

Sementara itu, Adi Nurdiana, juga menyatakan kesiapannya untuk ikut serta dalam pemilihan Ketua DPD KNPI Ciamis. Adi menjelaskan, saat ini harus ada perbaikan-perbaikan dalam kaderisasi organisasi kepemudaan.

“Dalam segi apapun pemuda harus menjadi yang terdepan. Saya ingin menciptakan kaderisasi pemuda di tingkat Ciamis, untuk menciptakan pemuda-pemuda yang berkualitas dan siap menjadi pemimpin kedepannya,” katanya. (Heri/Koran HR)

Loading...