SMK Taruna Bangsa Ciamis Terapkan Sistem PKL 6 Bulan

Tim monitoring SMK TB berkunjung ke tempat PKL peserta didik keperawatan di Mitra Idaman Banjar. Foto : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program belajar yang diselengarakan oleh Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), guna memberi pengalaman bagi peserta didik atau siswa agar mampu mengenal lebih dekat tentang dunia kerja. Dengan ini, peserta didik memiliki pengalaman untuk bekal kedepannya kelak saat melamar kerja.

Wakasek Hubin SMK Taruna Bangsa (TB) Ciamis, Jawa Barat, Iwan Ridwan, Am.Kep, ketika ditemui Koran HR, Senin (13/08/2018), membenarkan, PKL merupakan kegiatan wajib bagi peserta didik SMK, dimana kegiatan belajarnya dilakukan dengan objek dan tempat langsung di dunia usaha atau dunia industri.

Iwan mengatakan, sebelum edisi rev kurikulum 2013, SMK masih menerapakan PKL untuk kelas XII, selama 3 bulan. Tetapi pada juknis Kurikulum 2013 (rev 2017) berubah, sehingga pelaksanaan PKL yang tadinya 3 bulan menjadi 6 bulan.

“Di SMK Taruna Bangsa, kami menerapkan sistem  6 bulan, tetapi berjangka, dimana 3 bulan pertama dilaksanakan ketika peserta didik berada di kelas XI,  dan tiga bulan kedua ketika peserta didik masuk kelas XII,” katanya.

Menurut Iwan, PKL bertujuan untuk mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh peserta didik di sekolah serta menambah wawasan terkait dunia kerja. Selain itu, menciptakan iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu, proses dan hasil kerja.

“Kami berharap setelah melalui proses PKL, peserta didik siap bersaing dalam dunia kerja, khususnya ketika nanti lulus. Selain itu, ini untuk meningkatkan mental dan sikap siap kerja, jadi setelah ini bisa bersaing dalam dunia kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Taruna Bangsa, Agus Gusanto, S.Pd, menuturkan, sesuai revisi kurtilas tahun 2017, waktu penyelenggaraan PKL ditambah. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian peserta didik.

“Itu sesui revisi kurtilas 2017, sehingga siswa XI tahun sekarang mengikuti PKL, begitu juga nanti ketika kelas XII,” katanya.

Agus berharap setelah kelak lulus dari SMK Taruna Bangsa, peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk bersaing di dunia kerja, serta memiliki etos kerja yang disiplin dan berkualitas. (Heri/Koran-HR)