Stadion SC Banjar Ditunjuk jadi Venue Penyisihan Grup Piala Menpora

Technical meeting Liga Pelajar U-14 dan U-16 Piala Menpora Zona Priangan Timur CBP, di ruang pertemuan SC Langensari Kota Banjar, yang diikuti seluruh calon tim peserta, Senin (30/07/2018). Foto : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Stadion Sport Center (SC) Langensari Kota Banjar, kembali dipercaya untuk menjadi venue kompetisi bergengsi, yaitu Liga Pelajar U-14 dan U-16, zona Priangan Timur II.  

Kompetisi yang akan memperebutkan Piala Menpora tahun 2018 ini akan dimulai tanggal 4 sampai 7 Agustus 2018 mendatang, atau setelah selesai perhelatan babak 8 besar kompetisi Piala Soeratin U-15 dan U-13, pada Kamis (02/08/2018).

Hal itu terungkap saat dilakukan technical meeting kompetisi dimaksud, di ruang pertemuan SC Langensari, Senin (30/07/2018).

Puluhan tim yang ada di zona Priangan Timur II yang terdiri dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran (CBP) dipastikan ikut ambil bagian. Mereka akan memperebutkan juara guna lolos ke tahap selanjutnya, yaitu ke zona Provinsi Jabar hingga tingkat nasional.

Sekjen Askot PSSI Banjar selaku koordinator wilayah Priangan Timur CBP, Tanto Suprianto, mengatakan, saat ini sudah ada 15 tim sepakbola atau SSB yang siap bertanding di Piala Menpora. Masing-masing untuk U-14 ada 5 tim peserta dan U-16 ada 10 tim peserta, yang terbagi dalam dua grup.

Keseluruhan tim peserta itu harus mengikuti aturan atau regulasi yang sudah ditentukan Kemenpora, salah satunya screaning pemain untuk U-14 kelahiran tahun 2004 dan U-16 kelahiran 2002.

“Batas waktu screening pemain paling lambat Kamis sore (02/08/2018),” ucapnya.

Di zona Priangan CBP ini, jelas dia, hanya ada satu tim dari masing-masing jenjang usia itu yang bisa lolos ke tahap selanjutnya, yakni yang juara satu. Diungkapkan Tanto, ada sepuluh regional di Provinsi Jabar. Setiap regional mengirimkan 3 sampai 1 tim terbaiknya sesuai plot yang diberikan koordinator wilayah Jabar.

“Jadi total ada 18 tim akan melakukan pertandingan di tingkat Provinsi Jabar pada sekitar 21 Agustus lusa. Mereka yang menjadi juara di tingkat provinsi akan mewakili Jawa Barat untuk memperebutkan Piala Menpora di tingkat Nasional, yang rencananya digelar di Bali, 3-5 September 2018,” jelasnya.

Sementara itu panitia pelaksana, Yusup, menyebutkan, di liga pelajar piala Menpora zona Priangan Timur CBP ini, untuk 5 tim U-14 adalah Buldozer Kab. Ciamis, GNP Saraswati Kab. Pangandaran, Desinta Kota Banjar, Husada Yunior Kota Banjar, dan Tunas Bhakti Kota Banjar.

Sedangkan tim peserta U-16 diantaranya grup A Grand Camp FC Kab. Pangandaran, Tunas Bhakti Kota Banjar, GNP Kab. Pangandaran, Buldozer Kab. Ciamis, Tunas Patriot Banjarsari-Ciamis.

Untuk grup B ada Ciamis FC Kab. Ciamis, Husada Yunior Kota Banjar, Samudra FC Kab. Pangandaran, Galuh Pratama Kawali Kab. Ciamis, dan Desinta FC Kota Banjar.

“Ditunjuknya Kota Banjar sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Menpora 2018 zona Priangan Timur CBP, diharapkan bisa membangkitkan gairah persepakbolaan Kota Banjar dan dapat berlangsung sukses dan tentunya dengan dukungan semua pihak,” katanya.

Yang jelas, tandas dia, digelarnya kompetisi usia remaja ini tak jauh dengan tujuan kompetisi serupa yang digelar PSSI. Apa yang dijalankan program Kemenpora ini sebagai bentuk usaha untuk menjalankan tugas pembinaan dan mendapatkan bibit sepak bola untuk Indonesia ke depan.

“Semoga akan muncul bibit sepak bola yang handal dan berprestasi dari daerah dalam liga pelajar yang digagas Kemenpora, tak terkecuali dari Kota Banjar ini,” pungkasnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA