Sulitnya Air Bersih, Warga Banjaranyar Ciamis Terpaksa Minum Air Sungai

Warga Dusun/Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, saat mengambil air di Sungai Cisarua kebutuhan untuk minum sehari-sehari. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sulitnya mendapatkan air bersih, warga terpaksa harus memanfaatkan air Sungai Cisarua untuk minum. Hal itu dialami ratusan kepala keluarga (KK) di Dusun Banjaranyar, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jarak yang cukup jauh pun tidak menyurutkan mereka untuk mendapatkan air bersih. Selama musim kemarau ini, mereka harus menempuh jarak lebih dari satu kilometer dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

“Kondisi sumur warga yang sudah pada kering membuat kami terpaksa menggunakan air Sungai Cisarua ini untuk kebutuhan cuci serta air minum. Meski kondisinya kurang baik untuk kesehatan, namun apa boleh buat, mungkin ini nasib kami yang kurang diperhatikan oleh pemerintah,” tutur Atang, salah seorang warga setempat, saat ditemui HR Online tengah mengambil air di sungai tersebut, Minggu (05/08/2018).

Atang juga menjelaskan, setiap memasuki musim kemarau seperti saat ini, ratusan kepala keluarga di Dusun Banjaranyar terpaksa harus membuat sumur di dasar sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

“Dulu kami pernah mendapat bantuan program sanitasi, namun itu tidak berjalan sama sekali. Padahal, selain anggaran pemerintah yang di alokasikan untuk pembuatan sanitasi, warga juga iuran secara swadaya untuk membeli argo meter. Namun semuanya sia-sia. Bahkan hingga saat ini tak ada langkah lanjutannya,” pungkas Atang. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA