Tunjukan Kualitas sebagai Sekolah Olahraga, Tim Futsal SMAN 3 Ciamis Rebut Gelar Juara

Tim Futsal Putri SMA Negeri 3 Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- SMA Negeri 3 Ciamis kembali menunjukan kualitasnya sebagai sekolah berbasis olahraga. Pada turnamen futsal yang bertajuk “Specs Futsalogy Region Ciamis”, yang digelar pada 10-18 Agustus 2018, di GOR GGT Ciamis, Jawa Barat, tim futsal putri SMA Negeri 3 Ciamis berhasil merebut juara 1 sekaligus menempatkan pemainnya bernama Tita sebagai pencetak gol terbanyak.

Sementara tim futsal putra SMA Negeri 3 Ciamis harus puas mendapat gelar juara ketiga setelah kalah pada babak semifinal.

Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Dede Hidayat, mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Menurutnya, setelah sekolahnya sudah 2 tahun menerapkan program konsentrasi bidang ekstrakulikuler olahraga, kini hasilnya sudah bisa dipetik.

”Hampir setiap kejuaran olahraga tingkat kabupaten, wilayah Priatim dan Provinsi sekolah kami selalu mendapat gelar juara. Terlebih, untuk cabang olahraga tenis meja, anak didik kami sudah bisa meraih juara nasional,” katanya, kepada HR Online, Jum’at (24/08/2018).

Menurut Dede, tim futsal putra maupun putri SMA Negeri 3 Ciamis dibentuk sekaligus dilatih kurang lebih selama 1,5 tahun. Pihaknya, kata dia, sudah melibatkan pelatih profesional untuk menggembleng seluruh anak didiknya yang mengikuti program ekstrakuliker olahraga.

“Selain dilatih oleh guru olahraga, kami pun melibatkan pelatih profesional di setiap cabang olahraga. Program latihannya pun menerapkan standar pembinaan atlet yang disusun secara sistematis dan berkelanjutan, mulai segi teknik, fisik, taktik, dan mental. Maka wajar apabila sekolah kami bisa berprestasi di setiap kejuaran olahraga tingkat pelajar,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina Ekstrakuliker SMA Negeri 3 Ciamis, Heru, mengatakan, keberhasilan anak didiknya yang kerap menjuarai setiap turnamen olahraga tingkat pelajar tak lepas dari dukungan penuh dari pihak sekolah, terutama dari kepala sekolah yang tak hentinya memberikan doa dan dukungan, baik berupa materil maupun non materil.

“Prestasi ini tentunya sebagai kado terindah di hari kemerdekaan RI yang ke 73. Selain itu, juga dijadikan motivasi bagi anak-anak untuk kembali mengukir prestasi di turnamen berikutnya,” ujarnya.

Untuk target selanjutnya, kata Heru, tim futsal SMA Negeri 3 Ciamis akan mengikuti turnamen futsal antar SMA/SMK se- wilayah Priangan Timur yang rencananya akan digelar pada bulan depan. “Target kami di turnamen itu tentunya bisa kembali merebut gelar juara. Karena kami pun menargetkan tim fustsal SMA Negeri 3 Ciamis bisa melenggang ke turnamen tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Selain futsal, tambah Heru, pihaknya pun kini tengah mempersiapkan atlet di cabang olahraga lain untuk mengikuti berbagai kejuaraan, baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Menurutnya, untuk tingkat kabupaten, pihaknya menargetkan bisa meraih juara pada turnamen bola voli, pencak silat dan atletik. Sementara untuk wilayah Priangan Timur, pihaknya membidik prestasi pada cabang olahraga tenis meja, basket, pencak silat dan futsal.

“Untuk di tingkat provinsi dan nasional, kami masih mengandalkan atlet tenis meja yang sebelumnya sudah berprestasi di setiap kejuaran nasional. Hanya saja, kami kini sedang merintas cabang olahraga lain seperti futsal dan basket agar bisa berprestasi di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Berikut ini susunan pemain tim fustal putri SMA Negeri 3 Ciamis: Pera Susilawati, Lia Julianti, Santi Rahmawati, Alenia Daniati, Nenden Eriana, Aprilia, Suci, Irna Revana, Rifka, Tita Siti, Ala Bidzikrillah dan Delis Lisafitri

Tim futsal putra SMA Negeri 3 Ciamis: Ilham Mubarokh, Rizal Fadli, Firmansyah Galuh , Phyto Rizki, Hermawan, Adi Irawan, Maher Sukma, Dendi, Teza Nurahman, Azriel Fakhriza, Lucky Dwi Dan Yofani. (R2/HR-Online)