Warga Banjaranyar Ciamis Alami Krisis Air Bersih

Air sungai Cibabakan dimanfaatkan warga Dusun Sukanagara dan Dusun Banjaranyar, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, untuk kebutuhan air bersih. Foto : Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kekeringan akibat musim kemarau memaksa warga di Dusun Sukanagara dan Dusun Banjaranyar, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, harus memanfaatkan air sungai Cibabakan untuk kebutuhan air bersih.

Selain mandi dan cuci pakaian serta perabotan rumah tangga, air sungai Cibabakan juga digunakan oleh warga untuk kebutuhan air minum, dimana mereka membuat sumur di dasar sungai tersebut.

Seperti diungkapkan Cicih, kepada HR Online, Sabtu (04/08/2018). Ia mengeluhkan kondisi kekeringan saat ini, sehingga membuat warga di dua dusun tersebut saat ini terpaksa memanfaatkan air sungai Cibabakan sebagai sarana kebutuhan air bersih.

“Sudah hampir dua bulan kami terpaksa harus memanfaatkan air sungai ini karena sumur sudah pada kering. Selain mencuci pakaian, mandi juga kami di sungai ini, dan untuk mencukupi kebutuhan air minum warga disini terpaksa membuat sumur di dasar sungai,” katanya saat tengah melakukan aktivitas cuci pakaian di sungai.

Setiap pagi dan sore, sungai tersebut selalu dipenuhi oleh warga untuk cuci pakaian dan mandi.

“Apalagi jika sore hari, warga sangat banyak dan memadati sungai ini. Ibu-ibu nyuci, sementara bapakbapaknya mengambil air bersih untuk dibawa pulang menggunakan jerigen,” tuturnya.

Pantauan HR Online di lapangan, jarak tempuh untuk mendapatkan air bersih di sungai Cibabakan yang lumayan jauh. Untuk itu, warga Banjaranyar kini berharap adanya kiriman air bersih dari Pemerintahan Kabupaten Ciamis. (Suherman/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA