11 Merek Smartphone Ini Sangat Mudah Disusupi Malware, Apa Ponsel Kamu Termasuk?

Malware pada smartphone Android. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Berbagai merek smartphone Android yang memiliki bug atau celah cukup parah ternyata sangat mudah disusupi malware. Termasuk smartphone yang punya aplikasi bawaan (pre-installed).

Banyak sekali bahaya yang akan dialami pengguna jika smartphone miliknya terjangkit virus atau malware, antara lain pencurian nomer rekening, semua password akun media sosial, foto dan video, bahkan bisa membuat ponsel Android mati total.

Dikutip dari The Hacker News, berdasarkan data valid Kryptowire, ada banyak merek handphone yang mudah disadap dan susupi malware, entak karena banyaknya bug di smartphone tersebut, atau dikarenakan aplikasi bawaan yang sebelumnya telah terinstal di ponsel tersebut.

Berikut ini adalah daftar merek handphone yang gampang disadap dan disusupi malware.

Xiaomi

Xiaomi paling rawan disusupi virus karena memiliki malware pada aplikasi bawaannya. Memang patut diakui kalau Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang banyak membawa aplikasi bawaan. Jadi harus hati-hati jika ada hal yang mencurigakan pada smartphone Xiaomi kamu.

Oppo

Ternyata Oppo termasuk ponsel yang memiliki malware pada aplikasi bawaannya. Buat pemilik smartphone Oppo harus hati-hati terhadap aktivitas smartphone kamu.

LG

Kryptowire melakukan pengujian untuk membuktikan bahwa LG memiliki bug. Dalam pengujiannya itu mereka menggunakan LG G6 sebagai percobaan, dan ternyata bug yang ada pada LG G6 bisa mengekspos logcat log, bahkan dapat mengunci sendiri, yang membuat pengguna ponsel LG G6 tak bisa menggunakan perangkatnya sendiri.

Samsung

Selain Kryptowire yang memiliki data valid, The Check Point Mobile Security Team juga merilis daftar merek smartphone yang disusupi virus berbahaya di aplikasi bawaannya, dan ternyata dari daftar yag dirilisnya itu ada nama Samsung di dalamnya. Cukup mengejutkan memang, karena Samsung termasuk salah satu produsen terbesar ponsel Android.

Asus

Asus ZenFone V Live digunakan Kryptowire untuk menguji kalau smartphone Asus ini punya bug mungkin bisa disalahgunakan oleh hacker. Kabarnya Asus ZenFone V Live dapat mengambil screenshots serta merekam segala aktifitas handphone dalam bentuk video, membaca dan memodifikasi SMS, membuat panggilan telpon, dan lainnya.

Huawei

Produsen smartphone asal Tiongkok yang tengah naik daun ini ternyata terindikasi punya malware berbahaya pada aplikasi-aplikasi bawaan yang sebelumnya sudah terinstal di sejumlah smartphone Huawei. Bagi kamu pemilik smartphone Huawei harus mulai waspada jika ada aktivitas mencurigakan dalam ponsel tersebut.

Vivo

Vivo sebagai saudara kandung Oppo juga diperkiarakan telah disusupi malware berbahaya dalam aplikasi bawaannya yang sebelumnya telah terinstal di ponsel ini.

Essential Phone

Smartphone besutan sang bapak Andriod, Andy Rubin, juga ternyata memiliki bug pada perangkat handphone-nya. Bahkan, ponsel ini bisa melakukan factory reset, menghapus bersih segala data serta cache tanpa kita klik menu tersebut.

Honor

Ternyata anak perusahaan Huawei ini juga terindikasi mengandung malware berbahaya pada banyak aplikasi bawaannya. Bagi kamu pengguna smartphone Honor bisa menginstal aplikasi anti virus agar ponsel kamu tidak terserang malware Android.

ZTE

Kryptowire menggunakan ZTE Blade Spark and Blade Vantage saat mengtes bug pada smartphone milik ZTE. Hal itu untuk membuktikan adanya celah berbahaya pada sejumlah ponsel keluaran ZTE. Berdasarkan hasil pengujuian Kryptowire, ternyata ditemukan bug yang memungkinkan sistem mengakses data telepon, SMS, dan logcat log yang memungkinkan hacker bisa mengumpulkan informasi sensitif seperti e-mail, posisi koordinat GPS, dan lainnya.

GIONEE

GIONEE adalah salah satu produsen handphone asal Tiongkok yang juga ditenggarai punya aplikasi bawaan mengandung virus berbahaya. Meskipun tak banyak orang Indonesia yang memiliki handphone ini, namun tidak ada salahnya kamu tetap berhati-hati.

Itulah daftar merek ponsel Android yang gampang disadap dan disusupi oleh malware berbahaya yang dirangkum HR Online dari berbagai sumper. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...