Aplikasi Populer yang Bisa Dipakai di Smartphone Spesifikasi Rendah

Facebook Lite. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Smartphone spesifikasi tinggi saat ini memang dibutuhkan, karena selain untuk berselancar di dunia maya, main game namun juga sangat dibutuhkan untuk berbisnis.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa vendor smartphone telah mengeluarkan ponsel Android dengan spek tinggi yang bisa menunjang segala aplikasi. Namun jangan dilupakan bahwa ada juga ponsel pintar yang speknya rendah, dengan terbatasnya ruang penyimpanan internal serta RAM dalam pemakaian aplikasi.

Untuk yang masih memiliki smartphone dengan kelas low-end atau rendah tidak usah khawatir, karena masih bisa menggunakan aplikasi layaknya di kelas tinggi, yaitu dengan aplikasi ringan atau versi “Lite”. Aplikasi versi “Lite” populer untuk smartphone spesifikasi rendah ini bisa didapatkan di toko aplikasi secara gratis.

Mana saja aplikasi tersebut, berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Facebook Lite

Media sosial yang satu ini memang belum ada tandingannya sampai saat ini. Sebelum keluar ponsel Android, Facebook bisa diakses via ponsel biasa dengan dukungan internet berbasis GPRS.

Seiring perkembangan teknologi, maka keluar ponsel Android serba guna atau multifungsi atau yang sering disebut smartphone. Sekarang ini smartphone canggih sudah dibekali dengan perangkat yang menjanjikan, seperti prosesor terkini, RAM minimal 4 GB serta ruang penyimpanan minimal 64 GB.

Beruntung untuk Anda yang memiliki ponsel pintar berteknologi masa kini, yang bisa menginstall berbagai aplikasi populer termasuk Facebook versi terbaru. Bagi yang smartphonenya berspesifikasi rendah tentu akan berat dan menguras RAM serta penyimpanan internal saat mengakses Facebook.

Untuk itu, Facebook memanjakan pengguna setianya dengan membuat versi ringannya atau Lite. Versi Lite tidak membutuhkan penyimpanan internal yang besar, hanya 2 MB saja.

Namun kekurangannya ada beberapa yang dihapus diantaranya animasi visual, tapi tetap memakai UI atau antar muka yang lebih sederhana, supaya dapat diakses dengan baik tanpa hambatan di ponsel pintar berspek rendah.

Tapi jangan khawatir, Facebook tetap menyertakan fitur utama di versi yang biasa. Fitur tersebut antara lain Anda masih dapat membuat/memperbaharui/mengomentari status, simpan foto, serta memperoleh notifikasi.

# Messenger Lite

Sementara untuk yang ingin mengirim pesan di aplikasi Facebook, smartphone spek rendah juga bisa menggunakan aplikasi Messenger Lite. Bukan hanya mengirim pesan, aplikasi ini juga dapat lakukan panggilan video ataupun suara.

Desain atau tampilan Messenger Lite tidak ribet, dan ukurannya cuma memerlukan penyimpanan internal 8 MB. Jadi aplikasi ini sangat cocok untuk smartphone spesifikasi rendah.

# YouTube Go

Tempat menonton segala video secara streaming bisa diakses di YouTube. Dengan streaming tersebut tentu akan menguras data seluler, terlebih mengaksesnya dalam waktu yang lama.

Solusi untuk mengatasi data seluler terkuras dengan menggunakan Youtube Go. Aplikasi besutan YouTube ini bisa menghemat kuota dan sangat bisa diakses atau digunakan di smartphone spesifikasi rendah. YouTube Go bukan hanya bisa menonton saja, tapi juga dapat mendownload video kesukaan Anda.

Aplikasi yang sudah beredar di 130 negara ini bisa diunduh tanpa harus bayar di Play Store. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA