Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita CiamisBaznas Ciamis Motivasi Stakeholder Tertib Bayar Zakat

Baznas Ciamis Motivasi Stakeholder Tertib Bayar Zakat

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan motivasi kepada stakeholder dan abdi negara, untuk tertib menjalankan syariat islam, khususnya dalam membayar zakat. Upaya itu dikemas lewat malam anugerah perzakatan bertajuk Baznas Award 2018, Senin (24/09/2018), bertempat di Gedung Islamic Center Ciamis.

Ketua Baznas Ciamis, KH. Syaeful Uyun, pada kegiatan Baznas Award 2018, Senin (24/09/2018), menuturkan, sengaja memberikan penghargaan kepada stakeholder atas pertumbuhan zakat terbaik berdasarkan laporan pengelolaan zakat tahun 2017.

Uyun mengungkapkan, Baznas Award 2018 diberikan kepada pembayar zakat terbanyak di lingkup instansi pemerintah. Penghargaan itu diberikan untuk memacu abdi negara agar tertib membayar zakat.

“Di Ciamis, Baznas Award ini pertama kali digelar. Pada malam anugerah ini, Baznas memberikan penghargaan kepada lembaga pemerintah yang tertib membayar dan menjadi pemasok terbanyak dana zakat,” katanya.

Pada kesempatan itu, Uyun juga memberikan apresiasi kepada unit pembayar zakat (UPZ), BUMN/ BUMD, dan swasta yang konsisten mendukung perkembangan zakat, infak dan sedekah (ZIS).

Uyun menambahkan, sedikitnya ada tiga kategori penghargaan yang diberikan, yakni lembaga dengan pertumbuhan penghimpunan terbaik, manajemen pengelolaan terbaik, dan distribusi ZIS terbaik.

“Baznas menggunakan indeks zakat nasional (IZN) sebagai tolak ukurnya, dimana ada 12 nominator dalam peningkatan terbaik ZIS,” katanya.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat memberikan sambutan pada malam anugerah perzakatan bertajuk Baznas Award 2018, Senin (24/09/2018), mengapresiasi upaya Baznas dalam memacu kebangkitan zakat di Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan ini sangat baik, karena dapat mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silatuhmi antara Baznas dan UPZ, serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global,” katanya.

Iing mengaku optimis, Baznas Award mampu memberikan dampak atau pengaruh positif, untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan, khususnya di Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan yang sama, Direktur BMT Bustanul Falah Sukamulya, Aceng Mulyana, mengaku bersyukur karena pihaknya masuk nominasi lembaga BMT terbaik sebagai pendukung keuangan zakat.

“Dengan penghargaan ini, kami semakin termotivasi untuk mengelola zakat lebih baik dan profesional. Dan kami akan terus melakukan penguatan, sebagaimana visi dan misi zakat nasional tahun ini, adalah dengan Zakat Kita Kuat,” katanya.

Kepala UPTD Pendidikan Baregbeg, H. Dedi Kusmana, mengaku bersyukur meski hanya masuk nominasi Baznas Award 2018.

“Ini buah konsistensi pemahaman terkait zakat. Dan UPTD Pendidikan Baregbeg masuk nominasi bergengsi, walapun tidak menjadi yang paling terbaik, tapi ini adalah sebuah penghargaan,” katanya.

Dedi menambahkan, pihaknya juga termotivasi untuk meningkatkan layanan UPZ dalam menghimpun dan mengelola ZIS secara transparan dan profesional. (Heri/Koran HR)