Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kutu Secara Permanen

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kutu Secara Permanen. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jika rambut Anda bermasalah, seperti rontok, berketombe, atau kutuan, tentu Anda akan merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Berbagai cara mengatasi rambut rontok, ketombe, dan kutu biasanya dilakukan dengan membeli obat-obatan tertentu.

Hal itu dilakukan karena rambut merupakan salah satu bagian tubuh penting yang bisa menunjang penampilan seseorang. Sehingga tak heran banyak orang yang rela mengeluarkan uang cukup besar untuk mengubah tampilan rambutnya, atau dikenal dengan istilah styling.

Styling sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, dari mulai mewarnai rambut, mencatok supaya terlihat lurus, atau mengeriting memakai rol rambut. Jika ini semua dilakukan secara terus menerus justru akan menimbulkan masalah pada rambut.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara mengatasi rambut rontok, ketombe dan kutu secara permanen yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, sebagaimana dirangkum HR Online dari berbagai sumber. Berikut ini cara-caranya;

Ketombe

Untuk mengatasi ketombe, sebelum keramas, sisir rambut terlebih dahulu. Pilihlah shampo yang lembut untuk membuang sisa-sisa kepala yang terkelupas. Para ahli menyarankan pakailah shampo yang mengandung asam salisilat dua kali dalam seminggu. Namun, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan.

Selain shampo, Anda juga bisa menggunakan masker dari pisang. Caranya, haluskan buah pisan kemudian campurkan dengan satu sendok teh yogurt plain dan empat sendok minyak almond. Setelah itu, aplikasikan adonan ini pada kulit kepala menggunakan jari-jari tangan, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Rontok

Cara terbaik mengatasi masalah rambut rontok yaitu dengan mencuci kulit kepala secara teratur, namun jangan sampai berlebihan. Karena, perlu pula diperhatikan intensitas keramas pada jenis rambut serta tingkat aktivitas yang Anda lakukan.

Kalau rambut terbelah saat basah atau sudah terasa lepek berarti Anda terlalu sering mencuci rambut. Jadi, kurangi penataan rambut dengan panas, penggunaan catokan, atau pengeriting rambut bersuhu panas.

Anda juga jangan terlalu sering mewarnai rambut. Selain itu, perhatikan pula perlengkapan tidur seperti bantal. Untuk mengurangi pengelupasan kulit kepala saat tidur, gunakan bantal yang lembut dengan sarung bantal berbahan satin atau bahan lembut lainnya.

Kutu

Penggunaan minyak asiri merupakan salah satu cara ampuh untuk membasmi kutu rambut. Beberapa bukti menyatakan bahwa minyak alami dari tanaman asiri mampu membunuh kutu rambut sekaligus dengan telurnya.

Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati, karena standar pembuatan minyak tersebut tidak disetujui oleh BPOM, dan bisa menyebabkan kerusakan kulit kepala bila idak digunakan dengan benar.

Sebagai langkah awal, sisir rambut saat basah dengan sisir kutu bergigi rapat yang sebelumnya sudah dibasahi atau diberi kondisioner. Kalau cara ini dilakukan secara rutin dapat membasmi kutu dan telurnya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut berketombe, rontok hingga kutuan yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Eva/R3/HR-Online)