Begini Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo secara alami. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Selain jerawat, komedo menjadi salah satu permasalahan pada kulit wajah. Namun, sebenarnya ada cara menghilangkan komedo secara alami yang mudah dilakukan.

Komedo juga kerap dikeluhkan oleh mereka yang mendambakan kulit wajah mulus. Komedo terbentuk saat sel-sel kulit mati, minyak serta kotoran menyumbat pori-pori di wajah. Dengan demikian, kebersihan kulit merupakan kunci utama untuk menyingkirkan komedo.

Untuk menghilangkannya, mungkin Anda sering memencetnya. Cara seperti ini bisa menyebabkan kulit iritasi, infeksi, bahkan meninggalkan bekas luka permanen. Padahal ada cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada dua jenis komedo, yakni komedo hitam atau blackhead yang terlihat seperti pori-pori membesar dan menghitam, dan komedo putih atau whitehead yang tampak seperti benjolan kecil di bawah kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah;

Diamkan

Dalam menghadapi komedo, langka pertama adalah Anda tidak melakukan apa-apa. Karena, menyentuh wajah tak hanya membuat pori-pori makin tersumbat oleh kotoran, tapi juga bisa menyebabkan iritasi.

Cara alami

Bahan-bahan alami yang ada di dapur ternyata dapat membantu menghilangkan komedo. Namun, ada beberapa yang harus Anda dihindari karena bisa mengiritasi kulit, misalnya air perasan lemon, baking soda, vinegar, atau gula kristal.

Sedangkan, bahan yang dapat dipakai untuk menghilangkan komedo diantaranya krim vitamin A, minyak tea tree, atau tanaman lidah buaya. Cara menggunakannya dengan mengaplikasikannya langsung ke komedo.

Obat-obatan

Sama halnya seperti jerawat, untuk menyingkirkan komedo pun perlu ‘trial and error.’ Bila cara alami tidak berhasil, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan obat-obatan dari toko obat.

Misalnya pakai krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide yang dapat membantu menyingkirkan bakteri serta kelebihan minyak. Selain itu, zat ini juga bisa membantu mengurangi peradangan di area komedo.

Salicylic acid

Salicylic acid juga dapat digunakan untuk mengurangi produksi minyak pada pori-pori serta menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori. Salicylic acid bisa dengan mudah kita temukan dalam bentuk krim, toner, dan gel.

Sejumlah produk pelembab wajah pun ada yang mengandung zat tersebut. Sedangkan, produk lainnya yaitu krim retinoid atau versi vitamin A yang lebih kuat. Apabila dipakai setiap hari, retinoid bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Bila Anda punya kulit kering atau sensitif, gunakan dua atau tiga hari sekali.

Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan kulit wajah merupakan cara jangka panjang mencegah datangnya komedo maupun jerawat. Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda menjaga kebersihan kulit wajah.

Pertama, cuci wajah setiap malam setelah beraktivitas. Pakailah sabun muka yang lembut serta air suhu ruang.

Kemudian, hindari menggosok wajah terlalu keras lantaran bisa menyebabkan iritasi. Lakukan exfoliasi atau pengelupasan dengan scrub setiap satu minggu sekali. Hal ini untuk menghilangkan sel kulit mati. Sebab, pengelupasan yang terlalu sering justru akan memperburuk kondisi kulit.

Selanjutnya, cuci rambut secara teratur, terlebih jika Anda memiliki rambut panjang. Karena, minyak dari rambut juga bisa menyumbat pori-pori wajah. Tapi perlu diperhatikan pula, jauhkan dari kulit wajah saat menggunakan produk untuk rambut.

Tips berikutnya yaitu, bersihkan sarung bantal, sprei dan smartphone secara berkala untuk menghilangkan debu, minyak, serta bakteri yang dapat menempel pada wajah.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan komedo di wajah secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Eva/R3/HR-Online)