Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruBegini Cara Obati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami

Begini Cara Obati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Siapapun yang pernah terkena sakit gigi pasti rasanya sangat menyakitkan. Bahkan, gara-gara gigi yang sakit tersebut, bisa membuat kerja tidak fokus.

Sakit gigi bisa dikarenakan gusi yang bengkak akibat adanya lubang pada gigi atau gangguan mulut. Biasanya, gusi yang bengkak ukurannya sampai menutupi gigi, dan pipi akan terlihat menonjol.

Sehingga, dengan mengalami hal seperti itu tentu akan sakit saat mengunyah makanan. Bahkan sakitnya bisa berdenyut-denyut sampai ke kepala.

Lantas bagaimana cara mengobat gusi bengkak? Sebelum pergi ke dokter gigi, sebaiknya diatasi dulu dengan meminum obat pereda nyeri. Atau, bisa juga mengobati dengan menggunakan bahan alami yang tentunya sangat aman untuk kesehatan.

Nah berikut ini cara obati gusi bengkak menggunakan bahan alami, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Garam

Garam sudah lama dipercaya sebagai obat sementara untuk mengatasi masalah gigi. Garam bisa dipakai untuk mengatasi sakit gusi yang ampuh. Hal itu dikarenakan adanya kandungan sodium di dalamnya yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan karang gigi. Selain itu, juga bisa sebagai antiseptic alami bau kesehatan mulut.

Caranya, siapkan satu gelas air hangat kemudian masukan garam sebanyak dua sendok makan, dan diaduk sampai larut. Pakai untuk obat kumur setiap saat sehabis menyikat gigi, supaya bakteri dapat hilang hingga bersih.

# Lemon

Cara obati gusi bengkak menggunakan bahan alami yang kedua adalah dengan lemon. Asam yang ada di buah ini mempunyai fungsi sebagai alkali sehingga menjadi penyeimbang kadar pH di dalam mulut.

Bukan hanya itu saja, buah ini juga sebagai antibakteri yang ampuh guna menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Dan, lemon juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi gusi bengkak yang diakibatkan oleh gigi berlubang.

Caranya, peras satu buah lemon, kemudian dimasukan ke dalam satu gelas air hangat. Sama seperti garam, satu gelas berisi campuran air lemon ini juga dipakai untuk berkumur, dan lakukan tiga kali dalam satu hari.

# Jeruk nipis

Tidak jauh beda dengan lemon, buah yang satu ini juga sangat mujarab untuk membunuh bakteri penyebab gangguan mulut. Caranya, peras dua buah jeruk nipis, dan dicampurkan dalam satu gelas air hangat, kemudian pakailah untuk kumur-kumur.

# Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mempunyai rasa asam yang bermanfaat untuk antibakteri, sehingga bisa dikatakan ampuh membunuh bakteri yang ada di mulut. Sebelum membuat belimbing weluh untuk obat sakit gusi, terlebih dulu siapkan sebanyak dua buah yang belum masak. Lalu tumbuk sampai halus, selanjutnya oleskan ke daerah yang sakit.

# Daun Jambu biji

Cara obati gusi bengkak lainnya yaitu dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji sangat ampuh untuk mengempeskan gusi yang bengkak. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antiiflamasi, antibakteri, serta analgesi yang tinggi.

Caranya sangat simple, Anda tinggal mengunyahnya atau bisa dengan rebus daun jambu biji dengan air sebanyak satu gelas, dan setelah itu pakai untuk kumur-kumur, baik setelah sikat gigi atau sebelum tidur.

# Bawang merah dan putih

Dengan adanya kandungan antiseptic yang ada di bawang merah dan putih tentu sangat mujarab membasmi kuman. Untuk dua bawang itu dijadikan sebagai obat sakit gusi, yaitu dengan cara tumbuk satu siung bawang merah sampai halus, dan jika tumbukan tersebut sudah ada satu sendok teh, maka tempelkan ke bagian gigi yang terasa sakit. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img