Bisa Dicoba, Cara Mengusir Nyamuk dari Dalam Rumah dengan Bahan Alami

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski bentuknya kecil namun nyamuk bisa mengalahkan harimau sebagai hewan paling berbahaya di dunia. Ya, nyamuk menjadi binatang ‘pembunuh berdarah dingin’, karena sudah banyak korban jiwa gara-gara hewan penghisap darah ini.

Tidak sedikit penyakit yang disebarkan oleh binatang penghisap darah ini, bahkan dapat mengakibatkan nyawa melayang. Seperti penyakit demam berdarah atau DBD, malaria, kaki gajah, chikungunya dan lainnya. Sehingga tidak salah jika hewan yang masuk dalam jenis serangga ini merupakan musuh manusia nomor satu.  

Oleh sebab itu, jika tidak hati-hati maka bisa-bisa Anda menjadi korban selanjutnya. Pasalnya, nyamuk bukan hanya berada di luar rumah, namun juga bisa dengan leluasa ada di dalam rumah.

Hewan yang satu ini sangat menyukai tempat yang tidak bersih serta banyak genangan air. Untuk itu, jika tidak ingin banyak dan ada sarang nyamuk, maka sebaiknya rajin bersih-bersih.

Apabila sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, cara mengusir nyamuk biasanya orang lebih senang memakai obat nyamuk dari bahan kimia untuk membunuhnya. Tapi, tentu cara tersebut tidaklah selamanya aman, karena dapat mengakibatkan alergi dan penyakit seperti batuk atau asma dan lainnya.

Jika Anda tidak suka dengan cara tersebut, ada cara lain yang lebih aman. Nah berikut ini cara mengusir nyamuk dari dalam rumah dengan menggunakan bahan alami, sehingga hewan penghisap darah ini bisa ‘angkat kaki’ dari dalam rumah.

# Minyak kayu putih serta lemon

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) menyarankan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah yaitu dengan campuran minyak kayu putih dengan lemon. Dari dua perpaduan tersebut, tercipta komponen aktif cineole, yang mempunyai manfaat sebagai antiseptik.

Caranya, setelah mencampurkan dua bahan itu dengan perbandingan atau porsi yang sama, selanjutnya oleskan ke kulit tubuh.

# Minyak nimba

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami yang pertama adalah memakai minyak nimba. Dari penelitian yang sudah dipublikasikan di Journal of American Mosquito Control Association, bahwa campuran minyak nimba dengan minyak kelapa sangat ampuh melindungi rumah dan memaksa nyamuk keluar.

Cara memakainya, oleskan campuran dua bahan itu yang perbandingannya 1:1 itu ke kulit yang tidak dilindungi oleh pakaian. Kandungan yang ada di dalam minyak nimba bisa mengeluarkan aroma yang sangat dibenci oleh nyamuk. Sehingga bisa menjaga dari hisapan nyamuk kurang lebih 8 jam.

# Kemangi

Jurnal Penelitian Parasitologi mempublikasikan bahwa kemangi dipercaya sangat mujarab membunuh larva nyamuk serta bisa memaksa nyamuk ‘angkak kaki’ dari dalam rumah.

Untuk itu, dari jurnal tersebut disarankan supaya nyamuk tidak masuk ke dalam rumah, taruh atau tanam kemangi di lokasi yang dekat dengan jendela.

# Kamper

Cara mengusir nyamuk lainnya yaitu dengan menggunakan kamper atau kapur barus. Dibuat dari ekstrak pohon, senyawa ini sudah terbukti sebagai bahan alami yang bukan hanya mampu mengusir kecoa atau serangga lainnya, namun juga nyamuk dalam jangka waktu yang lama.

Cara memakainya, sebarkan beberapa kamper di ruangan, kemudian tutup seluruh jendela serta pintu. Diamkan selema kurang lebih 15-20 menit.

# Bawang putih

Tidak banyak yang tahu kalau bawang putih bisa menjadi cara mengusir nyamuk. Kemungkinan, karena bau yang tidak enak dikeluarkan bawang putih itulah yang dibenci oleh nyamuk. Seperti kita ketahui bahwa bawang putih mengeluarkan bau yang tajam serta kuat.

Cara memakai bawang putih untuk membasmi hewan penghisap darah ini yaitu dengan cara remukan beberapa bawang putih, kemudian rebus dengan air dari sumur. Masukkan air hasil rebusan bawang putih tersebut ke dalam botol semprotan, kemudian semprotkan ke semua ruangan atau ke tubuh jika ingin menghindari dari seranga nyamuk.

# Lavender

Sudah tidak aneh jika lavender diyakini bisa menjaga kita dari serangan nyamuk. Sehingga tidak salah jika banyak obat nyamuk mencampurkan bahan kimia dengan lavender.

Karena kuat dan tajamnya bau yang dikeluarkan oleh lavender membuat hewan yang satu ini sangat benci aromanya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA