BKPSDM Kantongi Kuota CPNS Pangandaran

Ilustrasi kouta CPNS. Foto: net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Badan Kepegawaian Pengembangan Daerah dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran mengungkapkan bila pihaknya sudah mengantongi kuota formasi CPNS 2018 dari Kemenpan RB.

Kepala BKPSDM, Muklis, mengatakan, sejak Senin (10/09/2018) lalu pihaknya mendapatkan berkas dari Kemanpan RB terkait kuota CPNS untuk lingkungan Pemkab Pangandaran. Meski sudah ditangannya, namun berkas tersebut masih disegel dan belum dibuka.

“Kami dapat berkas tersebut dari BKD Provinsi Jabar saat rapat di Kemenpan RB. Karena masih disegel, nanti Bupati yang akan membukanya,” jelas Muklis.

Sebelumnya, kata Muklis, Pemkab Pangandaran mengusulkan sebanyak 650 kuota CPNS. Akan tetapi, karena kebijakan di Kemanpan RB, sehingga usulan tersebut bakal terpenuhi semua atau akan mengalami perubahan.

“Untuk jadwal sosialisasi dari BKN CPNS bakal dimulai pada 19 September 2018 nanti. Sedangkan tes CPNS menggunakan system CAT secara online dan dilaksanakan di Kota Tasikmalaya,” ujar Muklis.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk diunggah secara online, di antaranya KTP, Foto, swafoto sambil memegang KTP dan account register, ijazah, transkip nilai, surat lamaran tertulis tangan yang ditandatangani serta berkas pendukung lainnya.

Terkait dengan soal tes CPNS nanti, Muklis memperkirakan ada 100 soal pilihan ganda dengan tiga criteria, seperti Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TKW).

“Biasanya soal dalam tes CPNS seperti sebelumnya ada 100 pertanyaan pilihan ganda. Dari setiap soal dikerjakan dengan benar, memiliki bobot nilai skor 5. Jadi soal kuota berapa yang akan diterima, kita tunggu dari Pak Bupati,” pungkasnya. (Ceng2/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA