Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaArtikelCara Cepat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur Secara Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur Secara Alami

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sebagian orang punya kebiasaan mendengur saat tidur. Tapi ternyata ada beberapa cara cepat menghilangkan kebiasaan tidur mendengkur secara tradisional. Menurut penelitian, tidur mendengkur bukanlah sebuah penyakit.

Meski begitu, kebiasaan itu bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit, seperti masalah pencernaan, obesites, atau akibat kurang tidur. Kebiasaan ini tak jarang membuat orang-orang yang ada di sekitarnya merasa jengkel mendengarnya.

Ada beberapa makanan alami yang bisa dimasukkan dalam menu diet harian. Berikut cara cepat menghilangkan kebiasaan tidur mendengkur secara alami, seperti dilansir Times of India, Selasa (25/09/2018).

Kunyit atau rempah-rempah kuning

Makanan yang mengandung kunyit dianggap ampuh untuk menyembuhkan kebiasaan tidur mendengkur. Karena, sifat anti-inflamasinya yang kuat bisa memerangi radang hidung, mengurangi kebiasaan mendengkur, serta menenangkan tenggorokan.

Adapun cara konsumsinya juga cukup sederhana, yakni campurkan dua sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Kemudian, minum 30 menit sebelum tidur.

Susu kedelai

Percaya atau tidak, dalam hal mengurangi kebiasaan tidur mendengkur, susu kedelai ternyata lebih baik dibanding susu sapi. Sebab, kandungan nutrisinya dinilai ampuh membersihkan tenggorokan serta saluran hidung.

Dengan begitu, maka suara dengkuran pun bisa berkurang. Selain itu, minuman ini pun sangat cocok bagi Anda yang punya alergi atau intoleransi laktosa.

Peppermint

Peppermint merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat antispasmodic, dan sifat anti-inflamasi yang mampu menjaga saluran pernapasan supaya tetap terbuka, serta mengurangi pembengkakan.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup mencampurkan peppermint dan air, kemudian berkumurlah dengan ramuan tersebut sebelum tidur.

Bawang merah

Bawang tak cuma kaya antioksidan, tapi juga memiliki sifat dekongestan alami yang mampu membersihkan saluran hidung Anda. Cara penggunaannya, Anda cukup menambahkan beberapa potong bawang yang telah dimasak ke dalam menu makan malam, dan Anda bisa lihat hasilnya.

Minyak zaitun

Penggunaan minyak jenuh seperti mentega atau minyak yang mengandung lemak hewani lebih baik diganti dengan minyak zaitun. Sebab, minyak yang mengandung lemak hewani bisa memicu terjadinya refluks asam di dalam tubuh.

Hal tersebut dapat menyebabkan perut mulas serta peradangan pada kerongkongan bagian atas, yang kemudian akan menimbulkan suara dengkuran keras.

Madu

Sifat anti-inflamasi serta anti-mikroba yang terkandung dalam madu ampuh untuk mengurangi kebiasaan tidur mendengkur. Sebelum tidur, minumlah secangkir teh atau air panas yang sudah dicampur dengan madu.

Minuman ramuan tradisional ini akan membantu merilekskan tenggorokkan serta memperlancar saluran pernapasan Anda. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img