Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan Alami
Ilustrasi Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bahan Alami. Foto : Ist/Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Penyakit kulit panu sangat mudah menyerang negara yang iklimnya tropis seperti Indonesia. Pasalnya, cuaca yang lembab serta panas memudahkan kita mengeluarkan keringat, selain itu ditambah sistem kekebalan tuubh yang menurun menurut dermatologis itulah yang menyebabkan panu.

Panu atau dalam bahasa medisnya tinea versicolor atau pityriasis versicolor , umumnya disebabkan karena kurangnya memperhatikan kebersihan kulit. Sehingga, jamur malassezia yang menyebabkan panu bisa dengan mudah tumbuh serta berkembangbiak di kulit.

Namun jangan salah, panu juga bisa terjadi pada Anda akibat tertular dari orang lain, yaitu dengan melalui media seperti handuk, pakaian dan lainnya. Umumnya, panu kerap muncul dibagian dada, lengan atas, leher serta punggung.

Penyakit kulit ini jika muncul di tempat yang orang lain dapat melihatnya, pasti bisa membuat rasa percaya diri akan turun. Bahkan, tidak sedikit orang yang bakal menjaga jarak, pasalnya mereka takut tertular oleh panu.  

Orang yang terkena panu warna kulitnya akan berubah, seperti berwarna putih, cokelat, merah atau lainnya tergantung pigmen kulit yang terkena panu.

Cara Menghilangkan Panu dengan Menggunakan Bahan Alami

Lantas bagaimana menghilangkannya? Anda bisa melalukannya dengan memakai obat kimia. Namun supaya tidak ada efek samping alangkah baiknya cara menghilangkan panu menggunakan bahan alami.

Bahan alami apa saja yang bisa ‘mengusir’ penyakit kulit panu? Berikut daftarnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Kunyit

Cara menghilangkan panu menggunakan bahan alami yang pertama adalah kunyit. Bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini mengandung minyak volatile, yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi.

Kandungan lainnya dari kunyit yaitu kurkumin sebagai anti-oksidan kuat, khasiatnya untuk menetralkan radikal bebas. Sehingga jika dua kandungan itu disatukan maka sangat mujarab untuk membunuh jamur yang menyebabkan penyakit panu.

Caranya, kulit luar pada kunyit dikelupas kemudian diusap-usaokan ke bagian yang kulit terkena panu. Atau bisa juga dengan menghacurkan kunyit terlebih dulu, setelah itu di oleskan ke kulit yang ada panunya.

# Lengkuas

Cara menghilangkan panu lainnya dengan menggunakan lengkuas. Bahan dapur ini di dalamnya banyak mengandung kuersetin, amilum serta flavanoid, yang dipercaya efektif mengusir jamur yang menyebabkan penyakit panu.

Sebelum mempraktekannya, siap terlebih dulu lengkuas dan garam, kemudian hancurkan dua bahan tersebut, lalu dioleskan ke kulit yang ada panunya dan didiamkan kurang lebih 30 menit, setelah itu dibilas memakai air hangat.

Bahan Alami Lainnya

# Minyak Kelapa

Para peneliti mengungkapkan bahwa minyak kelapa sangat ampuh mengatasi berkembangbiaknya jamur penyebab panu. Minyak ini membantu tubuh memperkuat resistensi kepada jamur. Selain itu, minyak kelapa bisa berfungsi sebagai fungisida atau obat anti jamur alami, sehingga dapat membunuh jamur.

# Lidah Buaya

Tidak ada yang menyangka kalau lidah buaya merupakan salah satu cara menghilangkan panu. Kandungan nutrisi serta vitamin, asam amino atau senyawa aktif lainnya diyakini bisa mengusir panu dari kulit. Bukan hanya panu, lidah buaya juga bisa membuat kulit tidak kering dan bersisik.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan gel yang ada pada daun lidah buaya ke daerah yang ada panunya. Untuk hasil maksimal, lakukanlah dengan rutin sebanyak 2-3 kali dalam satu hari.

# Bawang Putih

Bumbu yang sering ditemui di dapur ini juga dipercaya bisa mengatasi penyakit panu. Kandungan allicin yang yang ada di dalam bawang putih bisa sebagai zat anti-bakteri. Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan, yang sangat populer mengatasi virus, jamur, dan bakteri.

Cara memakainya, setelah bawang putih diiris kemudian langsung digosokkan pada kulit yang terkena jamur. Atau dapat juga dengan memakannya 2 sampai 3 setiap hari. (Adi/R5/HR-Online)