Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah dengan Mudah dan Aman

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Selain kecoa, satu lagi binatang yang sering membuat jengkel apabila ada di dalam rumah yaitu tikus. Pasalnya, binatang pengerat yang satu ini bukan hanya ‘menyikat’ makanan namun juga sering memakan kabel, sabun mandi batangan, bahkan pintu dari kayu untuk membuat jalan masuk atau keluar ke dalam rumah.

Jika Anda tidak ingin hewan yang satu ini masuk rumah, maka disarankan rumah selalu dalam keadaan bersih, karena menyukai tempat yang kotor, bersembunyi di tempat atau sela-sela yang gelap.

Namun jika tikus terlanjur sudah masuk rumah tentu harus diusir. Pasalnya, apabila tidak segera ditangani maka ditakutkan tikus akan berkembang biak di dalam rumah, dan hewan pengerat ini merupakan binatang yang terkenal dengan perkembangbiakan yang sangat cepat.

Bagaimana cara mengusir tikus di dalam rumah? Sebenarnya banyak cara untuk melakukan hal tersebut, bisa dengan memakai racun tikus, jebakan atau lainnya. Masalahnya apakah cara mengusir tikus tersebut benar-benar simple, mudah dan tidak membahayakan yang lain termasuk penghuni rumah.

Berikut ini cara mengusir tikus dari dalam rumah yang mudah, aman serta ampuh, seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

# Menggunakan kulit telur

Mengusir tikus dari dalam rumah memakai kulit telur, terlebih dulu kumpulkan kulit telur sebanyak-banyaknya kemudian dihaluskan sampai seperti bubuk. Bubukan kulit telur tersebut ditaburkan pada tempat yang sering dilalui oleh hewan pengerat ini.

Jika tikus mengenai bubuk kulit telur, maka bisa membunuhnya meski tidak secara langsung. Biasanya binatang moncong ini berputar serta terbalik terlebih dulu sebelum mati.

Ternyata kulit telur mempunyai lapisan kapur yang menyusun 9%-12% dari berat telur secara keseluruhan. Selain itu juga mengandung kalsium karbonat sebanyak 94 %, magnesium 1%, kalsium fosfat, karbonat serta bahan lainnya.

# Dengan menggunakan cuka

Cara mengusir tikus lainnya yang cukup ampuh yaitu menggunakan cuka. Siapkan terlebih dulu cuka, kapas bola, mangkuk serta sarung tangan plastik.

Yang pertama harus dilakukan adalah memeriksa setiap sudut rumah terutama dapur atau ruang makan. Jika ada sesuatu yang bisa mendatangkan hewan pengerat ini seperti bekas makanan atau lainnya, segera bersihkan dengan memakai cuka dan air bersih.

Langkah selanjutnya, celupkan bola kapas ke dalam mangkuk yang sudah berisi cuka, jangan lupa memakai sarung tangan plastik. Kemudian simpan bola kapas tersebut ke seluruh daerah yang menjadi tempat tinggal, jalan masuk dan keluar tikus. Ingat! Jangan sampai ada yang terlewatkan.

Jika sudah ditaruh, bola kapas tersebut rutin dikontrol tujuannya untuk mengetahui apakah ada bola kapas yang sudah mengering, jika memang ada maka sebaiknya langsung diganti dengan bola kapas plus air cuka yang baru. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA