Cara Mudah dan Cepat Download Video YouTube di Smartphone

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- YouTube masih menjadi situs layanan berbagi video terbesar dan terkenal di dunia. Berbagai ragam video mulai dari entertainment, olahraga sampai tutorial kecantikan juga tersedia.

Bahkan, lebih dari 13 juta jam video yang diunggah oleh pengguna YouTube dari seluruh dunia di tahun 2010.

Sebelumnya, video-video yang begitu banyaknya di situs ini hanya bisa dilihat di komputer baik PC maupun laptop. Namun seiring dengan perkembangan zaman, video tersebut sekarang bisa dilihat di smartphone.

Bagi Anda yang memakai smartphone, selain memberi kemudahan melihat atau menonton dan mengunggah video di channel video terbesar di dunia, Anda juga bisa mengambil atau mengunduh video kesayangan, agar dapat ditonton berkali-kali.

Pasalnya, jika terus menerus membuka video YouTube kesayangan Anda, tentu akan menguras data seluler yang tidak sedikit. Selain itu, kecepatan internet yang lambat seperti keong bisa membuat Anda jengkel menunggu. Namun jika Anda memakai WiFi gratisan tentu tidak akan masalah.

Jadi, langkah yang paling tepat agar bisa melihat dan menikmati video kesayangan Anda kapan saja dan di mana saja, adalah dengan mendownload.

Lantas bagaimana caranya mengambil atau mendownload video YouTube di smartphone dengan cepat dan mudah? Ada dua cara untuk mendownload, yaitu dengan menggunakan software dan tanpa software. Namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan sofware.

Ada banyak aplikasi di toko Play Store yang menawarkan download video di YouTube. Namun jangan sampai Anda salah memilih aplikasi tersebut.

# YouTube Go

Aplikasi ini diluncurkan oleh Google. Dibuat untuk koneksi internet yang lambat atau jaringan yang belum memadai, selain itu juga solusi untuk harga data seluler yang mahal, terutama di daerah luar pulau Jawa. Saat ini aplikasi ramah data yang bekerja untuk daerah dengan koneksi internet lambat ini, sudah ada di 130 negara termasuk di Tanah Air.

Untuk Anda yang ingin menonton dan mendownload video di YouTube sehingga bisa ditonton secara offline, bisa dengan menggunakan aplikasi ini. Sejak awal peluncurannya, aplikasi ini terus diperbaharui, seperti fitur streaming video dan download video, share video ke perangkat lain tanpa menggunakan data seluler.

Daya tarik dari aplikasi besutan YouTube, Anda dapat mendownload video dengan berbagai ukuran. Jika ingin hemat data, maka ukuran videonya yang terkecil. Namun efeknya, video tersebut biasanya mempunyai resolusi yang rendah.

Cara mengunduh videony apun tidak sulit. Sebelum mendownload, YouTube Go akan memberitahu kapasitas penyimpanan yang ada di smartphone Anda.

# Dentex YouTube Downloader

Software yang kedua dengan menginstal aplikasi Dentex di smartphone Anda. Dentex  merupakan aplikasi yang bisa mengunduh video dengan cara yang gampang, cepat serta lancar.

Cara simplenya adalah mencari basis data YouTube, kemudian pilih video yang akan di download, terus pilih format serta kualitas yang Anda inginkan.

Untuk antarmuka aplikasi ini terbagi menjadi tiga tab. Tab pertama, Anda bisa mengambil video yang akan didownload, lalu tidak akan lama aplikasi ini akan memunculkan daftar video yang Anda cari.

Tab kedua, memilih format serta kualitas video, seperti 480p, 720p, MP3, MP4, dan lain sebagainya. Dan Tab ketiga, memunculkan seluruh daftar video yang sudah Anda donwload.

Berikut ini detail cara mengunduh video menggunakan aplikasi Dentex

  • Setelah Anda menginstal aplikasi Dentex yang bisa di dapatkan di toko aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuka YouTube, kemudian pilih video yang mau Anda unduh. Selanjutnya, klik tombol ‘Share’ yang ada di video itu.
  • Ketika muncuk Tab baru yang ada tulisan ‘Share’ di sebelah kiri atas, pilih YouTube Downloader.
  • Setelah YouTube Downloader terbuka, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan kualitas serta ukuran video yang akan diunduh. Jika ingin mengunduh video dengan kualitas yang bagus, konsekuensinya adalah semakin besar pula ukuran video tersebut.
  • Setelah menentukan kualitas serta ukuran video yang diunduh, lalu untuk memulai mengunduh video, klik tombol “Download Here”.
  • Otomatis setelah Anda mengklik tombol “Download Here”, maka video incaran Anda akan terunduh dengan sendirinya. Jika ingin melihat proses download, Anda bisa masuk ke jendela dashboard.

(Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA