Disdikpora Pangandaran Tunjuk SMPN 2 Parigi Jadi Sekolah Rujukan

Kegiatan belajar siswa SMPN 2 Parigi yang menjadi salah satu sekolah rujukan di Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran menunjuk SMPN 2 Parigi sebagai salah satu sekolah rujukan yang ada di Pangandaran. Penunjukkan tersebut lantaran SMPN 2 Parigi berlokasi di pusat pemerintahan Pangandaran.

Sekretaris Disdikpora Pangandaran, Agus Nurdin, mengatakan, penunjukkan sekolah tersebut sebagai sekolah rujukan memiliki amanat untuk menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Pangandaran. Selain harus mempertahan mutu pendidikan melalui bukti akreditasi A, juga dituntut untuk mengembangkan pendidikan karakter serta budi pekerti.

“Jadi, sekolah yang menjadi rujukan itu akan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Pangandaran. Maka dari itu, sekolah tersebut harus mempertahankan mutu pendidikan serta hal lain yang mana menunjukkan pendidikan di sekolah tersebut baik,” katanya.

Sementara itu, Tikno, salah satu guru SMPN 2 Parigi, mengatakan, indikator sekolah tersebut selain terakreditasi A, juga sekolah memiliki lingkungan pendidikan yang kondusif,  memiliki pendidikan budaya, serta melaksanakan program budi.

“Lokasi strategis yang mudah dijangkau dari berbagai arah juga menjadi salah satu faktornya. Termasuk memiliki prestasi akademik maupun non akademik juga menjadi pertimbangan penunjukkan sekolah percontohan,” jelas Tikno kepada Koran HR.

Sementara itu, fasilitas yang memadai untuk menunjang ekspresi dan kreasi siswa juga merupakan bagian dari faktor penunjukkan sekolah tersebut.

“Sebenarnya masih banyak lagi indikator untuk menjadi sekolah percontohan. Dan Alhamdulillah SMPN 2 Parigi masuk di dalamnya,” pungkas Tikno. (Ntang/Koran HR)