Enam SD di Kalipucang Pangandaran Diakreditasi

Tim akreditasi saat melakukan penilaian di salah satu sekolah yang ada di Kalipucang. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Guna meningkatkan mutu dan kualitas sekolah, sudah semestinya tiap sekolah terakreditasi untuk memenuhi standar dalam melaksanakan proses kegiatan belajar dan mengajar.

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kalipucang, Rundana, mengatakan, akreditasi di tiap sekolah selama 5 tahun sekali. Di wilayahnya, sebanyak 6 sekolah yang saat ini diakreditasi oleh tim yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan.

“Sebelumnya sudah ada beberapa sekolah yang diakreditasi. Alhamdulillah sekarang ada 6 sekolah lagi. Mudah-mudahan setelah mendapatkan nilai akreditasinya, sekolah yang ada jadi lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Kalipucang Pangandaran, Sahidi, mengatakan, dalam akreditasi yang dilakukan oleh tim pengawas tersebut sama seperti tahun sebelumnya, yakni disilang antar kabupaten. Sementara itu, akreditasi ini dibiayai oleh Kementrian Pendidikan pusat.

“Alhamdulillah sekolah kami sudah beberapa kali diakreditasi. Sementara untuk kesiapan, kami menyiapkan 8 kategori untuk dinilai, seperti  standar isi, proses pengelolaan, kelulusan, sarana dan prasarana serta penilaian biaya dan tenaga pendidik,” jelasnya.

Kepala SDN 2 Bagolo, Yuyu, mengatakan, dirinya sangat setuju penilaian akreditasi dilakukan oleh tim pengawas yang disilang antar kabupaten. Sehingga, selain hasilnya transparan, juga akan menghasilkan nilai yang obyektif seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sangat bersyukur hasilnya cukup memuaskan karena mendaptkan nilai baik. Mudah-mudahan hasil ini bisa bertahan sampai ke depannya,” pungkas Yuyu. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA