Gaya Rambut Wanita di Negara Ini Ungkap Status Masih Melajang

Gaya rambut Amasunzu khas wanita Rwanda, Afrika Tengah. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Berbagai macam model rambut terus berubah dari zaman ke zaman. Namun, ada yang unik di Negara bagian Rwanda, Afrika Tengah, dimana ada gaya rambut wanita yang melambangkan status masih melajang.

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (30/09/2018), gaya rambut tersebut masih tradisional yang disebut Amasunzu. Masyarakat di Rwanda menganggap Amasunzu sebagai symbol atau status bagi penggunanya, dan model rambut ini tak hanya diterapkan oleh wanita, tapi juga kaum pria.

Namun, ada perbedaan jika gaya rambut Amasunzu digunakan oleh pria dan wanita. Bagi wanita, gaya rambut Amasunzu ini untuk melambangkan status atau simbol masih melajang, keanggunan, kedewasaan dan kerapihan.

Para wanita yang memakai gaya rambut ini bisa membantu orang lain untuk lebih mudah mengidentifikasi statusnya yang mengartikan bahwa mereka belum menikah.

Gaya rambut wanita ini hanya digunakan oleh mereka yang masih lajang, dan ketika sudah menikah, mereka dibebaskan untuk menggunakan gaya rambut apapun. Gaya rambut bebas itu biasa disebut Uruhanika yang menunjukkan rasa hormat bagi suami serta anak-anak mereka.

Sebetulnya gaya rambut tradisional Amasunzu ini masih dipakai oleh kaum pria dan wanita untuk melambangkan status mereka di masyarakat. Artinya, gaya rambut tersebut sebagai realisasi diri dan kebanggaannya terhadap budaya Rwanda.

Nah, kalau untuk wanita melambangkan status masih melajang, sedangkan bagi pria yang menggunakan gaya rambut Amasunzu untuk melambangkan keberanian, kekuatan, pemimpin yang kuat, makmur dan kaya.

Biasanya gaya rambut ini juga digunakan oleh masyarakat yang dihormati, seperti pemimpin suku dan masyarakat yang punya status sosial lebih tinggi. Sementara di kalangan pra prajurit, gaya rambut Amasunzu ini menunjukkan kekuatan, keberanian, serta kebangsawanannya.

Tak hanya satu model saja, ada lebih dari 30 gaya rambut Amasunzu. Sehingga, untuk mendapatkan gaya rambut ini dibutuhkan keterampilan khusus lantaran pemotongannya pun harus akurat. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA