Infrastruktur Jalur Utama Rancah Ciamis Rusak

Kondisi Jalur Utama Rancah Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga menyayangkan akses Jalur Utama Rancah Ciamis kondisinya sangat memperhatinkan. Padahal jalan tersebut adalah akses transportasi utama bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Dadi (36), warga sekitar, ketika dimintai tanggapan, minggu lalu, membenarkan bahwa jalan tersebut kondisinya sudah mulai banyak yang berlubang, sehingga banyak warga yang harus ekstra hati-hati bila melintasi jalan tersebut.

“Jalan Kecamatan Rancah ini merupakan jalan utama warga. Bahkan merupakan jalan yang ramai dilalui kendaraan, karena berada di pusat Kota Rancah, tepanya jalan menuju lapangan Desa Rancah. Masyarakat harus hati-hati bila melalui jalan tersebut,” ungkapnya.

Menurut Dadi, jalur tersebut memang sering dilalui kendaraan dengan beban tonase melebihi kapasitas. Kebanyakan kendaraan bermuatan kayu-kayu hutan dan juga hasil panen masyarakat. Tidak heran jika kondisi jalan cepat rusak dan berlubang.

“Ditambah di samping jalan belum ada drainase, sehingga ketika musim hujan air selalu menggenang di badan jalan,” katanya.

Waslim (38), pengguna motor asal Sukasari, ketika dimintai tanggapan, menuturkan, ruas jalan utama Kecamatan Rancah, tepatnya jalan menuju Kantor Pos Rancah memang kondisinya rusak parah.

“Bahkan kerusakannya hampir menyeluruh di bagian badan jalan. Akibat itu, masyarakat ataupun penguna jalan selalu bergantian karena bila dipaksakan akan terjadi kecelakaan,” katanya.

“Jalur Utama Rancah Ciamis ini bisanya menjadi jalan alternatif bila ingin menghindari kepadatan di jalur utama Banjar-Ciamis-Tasikmalaya. Tapi sekarang di wilayah Rancah mulai banyak ruas jalan yang rusak,” katanya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA