Jamaah Manaqib Ponpes Sirnarasa Ciamis Bersih-bersih Pantai Pangandaran

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata saat bersama Pimpinan Ponpes Sirnarasa Ciamis. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ribuan jamaah Manaqiban Ponpes Sirnarasa Ciamis melakukan kegiatan bakti sosial, pengajian dan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Guru Abah Aos. Kegiatan yang bertempat di Masjid Istiqomah ini juga dihadiri oleh Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Senin(10/9/2018).

Diketahui, kegiatan ini digagas oleh Jundun Hudaya Al-Baqoroh 38, sebuah perkumpulan anak muda yang sedang belajar dzikir yang dibimbing oleh Guru Abah Aos. Sementara itu, para peserta melakukan baksos berupa bersih-bersih Pantai Pangandaran.

Panitia Manaqib yang juga Sekjen Jundun Hudaya 38, Danial Luthfi, mengatakan, beberapa agenda yang dilaksnakan selain baksos, pengajian dan doa bersama itu, juga dilakukan deklarasi damai Pilpres 2019.

“Kita berharap pada Pilpres 2019 mendatang akan menghasilkan pemimpin yang diridhoi Alloh SWT, tidak ada hal-hal yang diluar harapan. Selain itu, kita berharap Indonesia tetap damai dan  NKRI tetap terjaga dengan utuh serta tidak ada perpecahan,” kata Danial.

Sementara itu, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, mengatakan, Ponpes Sirnarasa Ciamis ini setiap tahun selalu menggelar manaqiban di Pangandaran, yang dipimpin langsung oleh Guru Abah Aos.

“Ini menjadi spirit kita untuk selalu mengingatkan Pangandaran sebagai daerah wisata yang juga perlu menjaga nilai-nilai Islaminya. Hal-hal yang yang bertentangan dengan Syar’i, etika dan moral itu menjadi perhatian kami,” ujar Jeje Wiradinata.

Masih menurut Jeje, bahwa pihaknya tengah membuat regulasi yang seimbang untuk Pangandaran, yakni Pangandaran sebagai kawasan wisata yang mendunia dan juga tetap menjaga nilai-nilai keislamannya. “Mudah-mudahan menjadi berkah untuk semuanya,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)