Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Pilpres, Tim Siber Polres Ciamis Gencar Patroli di Media Sosial Tangkal...

Jelang Pilpres, Tim Siber Polres Ciamis Gencar Patroli di Media Sosial Tangkal Hoax dan Provokasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Polres Ciamis membentuk Tim Siber (Cyber Crime) yang berada di bawah Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) guna mengungkap kejahatan dan tindak pidana lainnya yang berkaitan dengan media sosial dan perangkat internet lainnya. Bahkan, dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilpres dan Pemilu 2019, Tim Siber Polres Ciamis akan lebih gencar melakukan patroli di media sosial.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengatakan, Tim Siber Polres Ciamis dibentuk untuk mengungkap tindak pidana yang kini mulai marak menggunakan media sosial dan fasilitas perangkat internet lainnya.

“Seperti kasus prostitusi online di Ciamis yang berhasil kami ungkap, itu ditemukan setelah tim siber melakukan patroli di media sosial. Artinya, tindak pidana yang menggunakan fasilitas online tidak hanya terjadi di kota besar saja, namun kini sudah merambah ke daerah,” ujarnya, saat ditemui Selasa (18/09/2018) lalu.

Tim Siber Polres Ciamis pun, lanjut Bismo, akan meningkatkan patrolinya di media sosial pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg. Hal itu, kata dia, untuk menangkal menyebarnya berita hoax dan provokasi.

“Kabar atau berita hoax serta provokasi harus ditangkal untuk terciptanya kondusifitas pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg. Karena apabila berkaca pada beberapa kejadian yang mengancam kondusifitas di beberapa daerah, sering kali berawal dari provokasi di media sosial,” ungkapnya.

Bismo pun berpesan kepada masyarakat Ciamis dan Pangandaran untuk menggunakan media sosial dengan bijak. Selain itu, kata dia, masyarakat pun harus melakukan filter apabila menemukan informasi yang mengandung provokasi di media sosial.

“Pesan dari kami, mari kita terus gelorakan demokrasi damai pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg. Hal itu untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)  

- Advertisment -