Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisKi Ardayim, Mahkhluk Halus Penunggu Batu Agung di Ciakar Ciamis yang Suka...

Ki Ardayim, Mahkhluk Halus Penunggu Batu Agung di Ciakar Ciamis yang Suka Jahil

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Batu Agung yang berada di Blok Cibatu, Dusun Desawetan, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dikenal menyimpan cerita mistis. Pasalnya, batu tersebut konon diyaikini dihuni oleh makhluk halus yang suka jahil.

Jarnuji (90), warga sekitar, mengatakan, bahwa sosok makhluk astral di batu agung tersebut diketahui kerap bewujud laki-laki tua berkepala gundul. Masyarakat setempat menyebutnya Ki Ardayim.

Menurut cerita warga sekitar yang sudah berlangsung turun temurun, batu agung tersebut merupakan tempat Ki Ardayim berjemur badan. Sosok makhluk halus tersebut kerap menjahili warga sekitar, terutama ketika ada hajatan.

“Ketika ada hajatan, biasanya Ki Ardayim berulah. Makanan di tempat hajatan yang sedang dimasak itu tak masak-masak. Jika masak, itu pun langsung bau busuk. Untuk mengantisipasi hal itu, biasanya warga mengirim sesaji ke batu agung tersebut. Spontan saja, busuk itu langsung hilang dengan sendirinya,” ujar Jarnuji.

Maman, warga Ciamis lainnya, menceritakan, beberapa tahun silam soerang warga yang bernama Udin menjadi korban kejahilan Ki Ardayim. Pasalnya, ia digantungkan di atas pohon petai dengan posisi terbalik halnya kelelawar.

Pada saat itu, kata Maman, Udin langsung diturunkan oleh warga yang ahli memanjat pohon. Sayangnya, setelah turun, Udin langsung kesurupan.

“Kata orang pintar, Udin itu sedang dibawa main oleh Ki Ardayim. Karena sering terjadi keanehan di sekitar batu itu, maka Ki Ardayim adalah sosok yang sering berbuat jahil itu. Meski begitu, seiring perkembangan zaman, cerita itu sudah hampir dilupakan. Sementara untuk mempersembahkan sesaji pun sudah jarang,” pungkasnya. (Edji/R6/HR-Online)

- Advertisment -