Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah Agar Menjadi Cantik Alami

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Fungsi atau manfaat minyak kelapa bukan hanya sebagai bahan masakan saja, melainkan juga bermanfaat dan penunjang kecantikan.

Bagi yang ingin cantik tidak harus yang mahal dan ribet, cukup dengan menggunakan minyak kelapa yang murah meriah. Selain itu, menggunakan minyak kelapa yang bisa mewujudkan cantik alami tentu tidak ada efek sampingnya, karena tidak ada bahan kimia yang bahkan bisa bermasalah untuk kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat minyak kelapa untuk wajah agar menjadi cantik alami, yang dapat dipraktekkan oleh Anda sehari-harinya.

# Mencerahkan kulit

Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit bersinar dan cerah? Karena kulit seperti itu adalah impian semua orang. Lantas bagaimana mewujudkan kulit bersinar dan cerah? Sebenarnya bahan untuk mewujudkan kulit wajah seperti itu tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup dengan memakai minyak kelapa.

Menjadikan minyak kelapa seperti pelembab lainnya, yaitu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan kulit menjadi cerah.

Caranya, oleskan sedikit ke semua bagian wajah setiap malam hari. Jika sudah mengering, tidur seperti biasanya, dan di pagi harinya lihat apakah ada perbedaan yang terjadi. Disarankan, untuk kulit wajah kembali cerah dibandingkan biasanya lakukanlah dua kali dalam satu minggu.

Namun dengan catatan, jangan melakukannya di siang hari atau sedang beraktivitas, karena kotoran atau debu akan menempel di wajah yang sudah diolesi minyak kelapa. Sehingga kemungkinan besar akan terjadi jerawat karena debu yang menempel itu menyumbat pori-pori wajah.  

# Mengencangan kulit

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika yang ditakutkan oleh para wanita adalah wajah menjadi berkerut atau penuaan pada kulit. Tapi, Anda tidak usah risau, pasalnya ada cara alami yang bisa mengembalikan kulit wajah menjadi kencang, yaitu dengan memakai masker dari bahan minyak kelapa. Diyakini, memakai masker minyak kelapa ini bisa ‘menghapus’ kerutan serta tanda penuaan lainnya pada kulit wajah.

Caranya, sehabis mandi dan di malam hari oleskan sedikit saja minyak kelapa ke kulit wajah yang mulai berkerut. Apabila melakukannya setiap hari, maka hasilnya kulit wajah akan kembali kencang.

# Mengatasi katung mata

Jika Anda sering melakukan pekerjaan sampai lembur dan selesai tengah malam sehingga kurangnya istirahat, maka yang terjadi adalah akan timbulnya mata panda atau kantung mata.

Tentunya untuk para wanita dengan adanya kantung mata bisa merusak penampilan, sehingga untuk menutupinya dengan menggunakan riasan atau make up. Padahal ada cara mudah dan alami yaitu dengan memakai minyak kelapa. Caranya cukup oleskan minyak tersebut ke daerah kulit sekitar mata.

# Pelembab kulit wajah serta bibir

Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah sebagai pelembab kulit wajah dan bibir. Minyak kelapa memiliki tekstur yang kental atau tidak encer seperti air, sehingga bisa mencegah kulit wajah serta bibir mengering atau pecah-pecah. Dengan efek seperti itu, bisa dikatakan minyak kelapa sebagai pelembab kulit yang alami, dan menjaga keindahan kulit wajah sehingga tetap terlihat cantik.

# Membersihkan sisa make up

Sebagai wanita karier atau pekerja kantoran supaya wajah terlihat cantik maka menggunakan riasan make up. Sedangkan untuk menghilangkan riasan make up ini biasanya memakai pembersih yang dibeli di toko kosmetik atau lainnya. Masalahnya, jika tidak cocok atau tidak sepenuhnya bersih maka efeknya malah akan timbul jerawat yang tentu tidak diinginkan semua wanita.

Lantas bahan apa yang alami untuk membersihkan sisa make up tersebut? Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan bekas riasan tersebut. Dengan minyak kelapa ini, maka sisa make up bakal terangkat dengan sempurna.

Caranya cukup dengan mencelupkan kapas pembersih wajah ke minyak dan langsung pakai di wajah yang akan dibersihkan. Manfaat minyak kelapa untuk wajah agar terlihat cantik alami ini akan mencegah timbulnya jerawat yang diakibatkan karena pori-pori kulit wajah tersumbat oleh debu, kotoran atau bekas riasan.

# Menghilangkan komedo dan jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya yaitu untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak kelapa sangat berkhasiat untuk anti jamur, anti bakteri dan lainnya, sehingga membersihkan komedo di wajah dan mengempeskan jerawat.

Caranya, usapkan minyak kelapa pada kulit wajah yang ada jerawatnya, kemudian basuh dengan memakai air hangat. Apabila ingin hasil yang maksimal sehingga kulit menjadi bersih dan terbebas dari komedo serta jerawat, maka lakukanlah dengan teratur. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA