Mau Tahu Mix Jus Buah dan Sayuran Penekan Darah Tinggi

Ilustrasi. Foto: Net Istimewa

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Setiap buah dan sayuran mempunyai khasiat tersendiri untuk menjadi obat tradisional yang ampuh, apalagi bila buah dan sayur itu diracik bersamaan, tentunya akan menambah kemujaraban dalam pengobatan, semisal mix jus buah dan sayuran penekan darah tinggi.

Racikan buah belimbing, mentimun, kacang panjang dan seledri yang dicampur menjadi jus yang segar, ternyata juga sangat ampuh menekan dan menormalkan tekanan darah tinggi.

Buah dan sayuran  seperti belimbing, mentimun, kacang panjang dan seledri bukan hal yang susah ditemui, kita bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar tradisional, warung sayur atau bahkan pedagang sayur dan buah keliling.

Meracik takaran jus buah dan sayuran untuk penekan darah tinggi pun tidaklah sulit, begini komposisinya. Cukup setengah buah belimbing, setangah buah mentimun, tiga kacang panjang dan tiga batang seledri.

Semua bahan tersebut dicuci hingga bersih, setelah itu masukan semua bahan tadi kedalam belender ditambah air sebanyak 200 ml kemudian belender hingga lembut, setelah itu siap untuk disajikan.Penyajian sebaiknya tidak dicampur menggunakan es batu.

Penderita tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi mix jus buah dan sayur itu sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu, dan dianjurkan dilakukan secara rutin serta dibarengi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Sejumlah penderita mengaku mix jus belimbing, mentimun, kacang panjang dan seledri, sangat berkhasiat untuk menurunkan hipertensi , kolesterol dan lainnya. Inilah khasiat masing-masing bahan yang tekandung didalamnya.

Buah belimbing didalamnya terdapat mineral serta elektrolit diantaranya seperti, kalium, fospor, seng dan besi. Unsur kalium komponen penting sel dan cairan tubuh dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Unsur tersebut mampu menekan pengaruh buruk dari sodium. Maka tak aneh, belimbing dijadikan terapi penyembuhan hipertensi dengan konsumsi secara rutin.

Selain itu, terkandung zat pektin didalam belimbing, yang mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Zat pektin mampu mengikat kolesterol serta mengeluarkan asam empedu di sekresi. Jadi, ini sangat baik bagi penderita gejala diabetes.

Sementara Mentimun didalamnya terdapat hormon dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin, dan ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan Mentimun juga terdapat sterol yang diyakini dapat menurunkan kolesterol, selain itu kandungan serat dalam mentimun yang banyak seperti kalium dan magnesium ini efektif untuk mengatur tekanan darah dan tekanan darah rendah.

Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang panjang ternyata cukup banyak dan lengkap, dan merupakan asupan yang baik bagi tubuh diantaranya, vitamin B1/B2, fosfor, zat besi riboflavin, zat besi, pektin serta serat yang menjadi kombinasi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, kacang panjang juga mampu pencegahan terhadap berbagai jenis zat yang membahayakan tubuh, serta mampu merangsang  enzim-enzim baik bagi tubuh.

Nah jangan dikira seledri tidak memiliki banyak khasiatnya loh. Seledri itu tanaman herbal dengan sangat rendah kalori. Daunya hanya berisi 16 kalori per 100 grm serta mengandung serat non larut, jika dikombinasikan dapat menurunkan berat dan kadar kolesterol dalam darah.

Seledri juga mengandung asam folat, riboflavin, niasin dan vitamin C, itu semua penting untuk metabolisme optimal.

Zat flavonoid dan nutrisi lain yang terkandung dalam seledri dapat menurunkan tekanan darah, jika dikonsumsi secara rutin dan teratur mampu menstabilkan tekanan darah.

Nah netizen sekarang percayakan, mix jus buah dan sayuran, belimbing, mentimun, kacang panjang dan seledri sangat berkhasiat  sembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Selamat mencoba dan semoga lekas sembu. (SBH/R1/HR-Online)