Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita PangandaranMiris Lihat Hutan Gundul, Warga Cigugur Pangandaran Lakukan Penanaman Pohon

Miris Lihat Hutan Gundul, Warga Cigugur Pangandaran Lakukan Penanaman Pohon

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Miris melihat kondisi hutan yang gundul, warga Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan penanaman pohon secara swadaya, Minggu (02/09/2018).

Penanaman jenis pohon picung dan durian ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan warga Desa Harumandala. Meski hanya dengan dana swadaya, namun warga berharap di masa depan nanti tak lagi merasakan kesusahan air, seperti yang dirasakan sekarang.

Enjang Kurnia, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Cigugur, mengungkapkan, dirinya miris melihat kondisi hutan yang gundul, terutama di wilayah Desa Harumandala. Untuk itu, warga berinisiatif menghijaukan kembali hutan.

“Penanaman pohon ini lebih diutamakan di beberapa hulu sungai yang merupakan daerah resapan air. Ini merupakan penanaman yang ketiga kalinya, dan akan menjadi agenda tahunan. Karena, kami bertekad ingin menata kembali hutan untuk masa depan anak cucu kita nanti,” terangnya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatan penanaman pohon.

Lebih lanjut Enjang mengatakan, kondisi masyarakat yang kini kesulitan mendapatkan air bersih, faktor utamanya adalah akibat hutan gundul, bukan karena kemarau. Mengingat kemarau tahun ini baru berlangsung sekitar 4 bulan saja.

Sedangkan, dulu ketika terjadi kemarau panjang selama 9 bulan, masyarakat tidak pernah mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, karena kondisi hutannya pun masih bagus.

“Jadi sangat wajar jika sekarang terjadi kemarau sebentar saja masyarakat kesusahan air, karena kondisi hutannya juga sudah rusak,” tandas Enjang. (Cenk/R3/HR-Online)

- Advertisment -