Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarMisteri Sungai Cikawalu Banjar yang Dikenal Tempat Pembuangan Makhluk Halus

Misteri Sungai Cikawalu Banjar yang Dikenal Tempat Pembuangan Makhluk Halus

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Misteri Sungai Cikawalu yang terletak di antara Kelurahan Bojongkantong dan Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, menyimpan berbagai cerita mistis. Bukan hanya dikenal sebagai sungai pembuangan, sungai tersebut juga dikenal sebagai tempat pembuangan makhluk halus.

Ahmad (65), warga Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari, mengatakan, Sungai Cikawalu dikenal masyarakat sebagai sungai pembuangan air dari sawah maupun air dari pemukiman warga yang berada di atasnya. Selain kerap dimanfaatkan oleh warga untuk mengairi sawah menggunakan mesin di saat kemarau, Sungai Cikawalu juga diyakini masyarakat menyimpan banyak misteri.

“Kalau kejadian bertemu makhluk halus dan terjadi peristiwa seperti kesambet (seperti kesurupan karena ulah makhluk halus) sering saya dengar. Tapi Alhamdulillah saya belum pernah mengalami kejadian itu, mudah-mudahan saja tidak,” singkatnya saat ditemui Koran HR di sekitar lokasi, Selasa (04/09/2018).

Sementara itu, Asbani, warga Citangkolo, mengaku sering menjumpai makhluk halus yang berada di Jembatan Putat di jalur Sungai Cikawalu saat malam hari. Menurutnya, makhluk astral yang dijumpainya itu cukup banyak, baik yang berwujud kuntilanak, hantu berkepala tanpa badan, hantu bermata api serta ular besar yang hampir memenuhi Sungai Cikawalu.

“Paling sering itu jenis kuntilanak. Bukan hanya ketika sendirian saja, kadang ketika sedang berkumpul kuntilanak itu terdengar tertawa. Kalau takut sih tidak, karena sudah biasa, namun kasihan saja bagi warga yang belum pernah mengalami kejadian seperti ini,” katanya.

Ia menambahkan, banyaknya makhluk halus di sungai pembuangan itu konon diyakini menjadi tempat pembuangan makhluk halus yang sengaja dibuang oleh orang-orang yang ahli dalam bidang dunia astral. Maka ia tidak heran jika lagi jika penampakan mahkluk halus itu sering dijumpai oleh warga.

“Paling sering dijumpai itu di sekitar Jembatan Putat yang jaraknya sangat dekat dengan rumah saya. Kalau dulu setelah maghrib sudah tidak ada lagi yang berani lewat sini, karena pasti diganggu. Tapi kalau sekarang jarang-jarang yang diganggu, mungkin karena kebanyakan lewat pakai motor dan ketika lewat sengaja dipercepat agar tidak menjumpai makhluk-makhluk itu,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Edin, warga Cijurey, Desa Kujangsari. Ia mengaku sering melintas lokasi jembatan tersebut. Namun sialnya suatu waktu ia menjumpai makhluk halus yang berwujud mata cukup besar dan terlihat seperti cahaya yang terbang ke sana kemari. Karena kejadian itu, ia pun dengan cekatan mempercepat laju motornya sebelum hantu itu semakin mendekat.

“Iya saya pernah melihat hantu itu. Wujudnya hanya mata tanpa kepala dan tubuh. Matanya itu bersinar seperti cahaya api yang terbang di sekitar sungai. Karena saya takut, saya langsung mempercepat laju motor saya. Memang di jalur sungai ini dikenal angker yang mana banyak makhluk halus yang sering muncul,” ujarnya.

Sebelumnya, kejadian mistis yang menjadi misteri Sungai Cikawalu juga dialami warga Lingkungan Margasari, Kelurahan Bojongkantong. Warga yang bernama Rojikin dan Tolibin sama-sama mengalami deman tinggi selama 3 hari setelah mancing di Sungai Cikawalu tersebut. Menurut mereka, saat mancing muncul ular besar di aliran sungai pembuangan itu.

Baca Juga: Pemancing Kerap Diteror Ular Besar di Sungai Cikawulu Banjar

“Biasanya aliran sungai itu dari barat ke timur, namun saat kejadian justru alirannya dari timur ke barat. Sedangkan ikan-ikan kecil yang ada di sungai melompat-lompat menjulang ke atas. Ternyata saat itu ada ular yang begitu besar berbentuk seperti barongan (Naga) yang menutupi sungai,” kata Rojikin.

Sementara itu, Tolibin juga mengalami hal serupa. Saat dirinya Ngobeng (mencari ikan menggunakan tangan) tiba-tiba melihat badan ular yang tak terlihat ekor maupun kepalanya, lantaran begitu besar ular tersebut.

“Saya langsung lari ke rumah, dan setelah sampai, tiba-tiba saya pusing hingga deman sampai empat hari lamanya. Ini juga pernah dialami tetangga saya saat menjumpai ular tersebut. Jadi memang misteri Sungai Cikawalu masih tetap ada,” pungkasnya. (Muhafid/Koran HR)