Momen Tahun Baru Islam, SDN di Rancah Ciamis Ini Kenalkan Kalender Hijriah ke Siswa

Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memeriahkan kegiatan pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan siswa berkumpul di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka sengaja berkumpul untuk memeriahkan kegiatan pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SDN 6 Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Deni Muliana, S.Pd.i, ketika ditemui Koran HR, Selasa (11/09/2018), menuturkan, pihaknya menjadikan momentum peringatan tahun baru islam kali ini sebagai wawasan tambahan bagi siswa tentang keislaman.

“Sekolah terus berusaha meningkatkan kemampuan peserta didik, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Dan momen baik ini kami jadikan materi pembelajaran terkait keislaman dan makna tahun baru islam,” katanya.

Menurut Deni, selain melaksanakan pawai taaruf, pada peringatan tahun baru islam kali ini pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan perlombaan, diantaranya lomba mewarnai, lomba membaca sholawat dan lomba kaligrafi.

“Untuk pawai taaruf, rutenya (start dan finis) mulai dari sekolah dan berkeliling sampai ke balai desa, kemudian dilanjutkan dengan kegiata perlombaan,” katanya.

Lebih jauh, Deni menyebutkan, pada momen tersebut pihaknya mengedukasi para siswa untuk mengenal kalender atau penanggalan hijriah. Siswa juga diajak membacakan doa akhir tahun.

“Siswa diajak untuk doa akhir tahun dan dilanjutkan dengan pengenalan penanggalan hijriyah berikut sejarah serta hikmahnya, sekaligus mensyiarkan dan mengingatkan siswa untuk menjadi manusia yang lebih bertaqwa dan lebih baik lagi daripada tahun lalu,” ujarnya. (Heri/Koran-HR)