Nelayan di Pangandaran Panen Ikan Selar Jajambean

Panen ikan, perahu nelayan di Pantai Barat Pangandaran diserbu pembeli. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam dua hari ini, nelayan di Pangandaran panen ikan selar jajambean. Ikan jenis sarden ini banyak terjaring di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Seperti yang terlihat pada Minggu (23/09/2018) sore, melimpahnya hasil tangkapan ikan membuat para nelayan diserbu pembeli yang datang langsung ke lokasi.

Ratim, salah seorang nelayan, mengatakan, dirinya diserbu para pembeli yang datang langsung ke lokasi, saat ikan hasil tangkapannya menumpuk di perahu.

“Karena tempat pelelangan ikan sudah tutup kalau sore, jadi pembeli langsung ke lokasi. Pembelinya bukan hanya warga Pangandaran saja, tapi juga wisatawan berbondong-bondong pada datang ke sini membeli ikan,” tuturnya, kepada HR Online, ketika dijumpai di lokasi.

Menurut Ratim, banyaknya ikan jajambean ini menandakan musim kemarau yang masih panjang. Dirinya pun mendapatkan ikan hampir dua perahu dari hasil menjaring sejak pagi hingga sore hari.

Ratim pun mengaku bersyukur, karena kini nelayan di Pangandaran panen ikan berlimpah. Biasanya para nelayan menjaring ikan hingga malam, tapi sejak dua hari terakhir ini cukup sampai sore hari. “Alhamdulillah, pendapatan hari ini mungkin mencapai 5 juta rupiah,” ucap Ratim.

Sementara itu, Lulu, salah seorang pembeli ikan, mengaku kalau dirinya sengaja datang untuk membeli ikan, setelah melihat ada yang meng-upload di media social (Facebook) hasil tangkapan ikan nelayan di Pantai Barat Pangandaran.

“Harga ikannya murah, satu kantong keresek ukuran cukup besar ini hanya 10 ribu rupiah. Saya beli sampai tiga keresek, mungkin ini beratnya ada 6 kilogram semuanya,” kata Lulu. (Cenk/R3/HR-Online)