Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut, Pemkot Banjar Terima Penghargaan dari Menkeu

Walikota Banjar DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menerima plakat penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah, di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (20/9/2018). Foto : Dokumen Humas Setda Kota Banjar.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat, kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan setelah Pemkot Banjar berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan kinerja selama lebih lima tahun berturut-turut.

Kota Banjar menjadi salah satu kota yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu RI atas raihan opini WTP sebanyak 8 kali berturut-turut. Dimana Pemkot Banjar telah memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk Laporan Keuangan Daerah dari tahun 2007, 2011 sampai 2017.

Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menerima langsung plakat penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah, di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, bahwa penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan, atas capaian Pemkot Banjar yang sudah delapan kali mendapatkan opini WTP.

“Ini kerja keras dari semua elemen pemerintah dan dukungan masyarakat Kota Banjar, dalam pengelolaan administrasi keuangan dari tahun ke tahun yang terus membaik,” ungkapnya Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih dalam keterangan tertulis, Kamis (20/9/2018).

Ade menambahkan, bahwa penghargaan ini bukan tujuan akhir sebuah pencapaian, namun harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih baik lagi dan bekerja keras dalam pengelolaan laporan keuangan.

Menteri Keuangan Sri Muliani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa setiap tahun mencatatkan pengelolaan keuangan negara dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik atau good governance terus mengalami perbaikan.

Pada rakernas kali ini, pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada 93 entitas, yaitu 38 Pemerintah Kota, 15 Pemerintah Kabupaten, 8 Pemerintah Provinsi, 7 Lembaga Tinggi dan 25 Kementerian se-lndonesia, yang mendapat opini terbaik WTP dari BPK sebanyak lebih dari 5 kali berturut-turut.

Selain Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, turut hadir dalam rakernas ini yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan para Menteri/Pimpinan Lembaga, Kepala Daerah, Sekretaris Jenderal, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, akademisi, serta Pimpinan institusi terkait. (Hermanto/R5/HR-Online)