Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisPemda Ciamis Berencana Terapkan Digitalisasi Layanan Publik

Pemda Ciamis Berencana Terapkan Digitalisasi Layanan Publik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memiliki obsesi dan rencana untuk menerapkan digitalisasi layanan publik. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat di era globalisasi dan modernisasi.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Ciamis, Drs. H. Adang Daradjat, MM, ketika ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu, menegaskan, pihaknya ingin memberikan kemudahan akses pelayanan publik bagi masyarakat.

“Sekarang ini, masyarakat sudah mulai menjadikan teknologi sebagai bagian dari kebutuhan pokok. Mau tidak mau, pemerintah juga harus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan publik,” katanya.

Selain itu, kata Adang, teknologi juga bisa menjadi sarana bagi organisasi pemerintahan untuk mendorong kinerja organisasi lebih efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Digitalisasi layanan publik juga nantinya diharapkan dapat menciptakan good government. Tapi, untuk mencapai dan merealisasikannya, perlu dukungan dari semua pihak, baik dari sisi regulasi maupun infrastruktur,” katanya.

Adang mengakui, perubahan kondisi global sekarang ini juga menuntut penyesuaian pada semua lini kehidupan, termasuk pada pemanfaatan teknologi tata kelola pemerintahan, khususnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Karena pada akhirnya, teknologi baru bisa menggeser teknologi lama. Atau, cara sistem dan kerja baru menggantikan cara kerja lama,” ucapnya.

Adang mengakui, realisasi program digitalisasi pelayanan publik tidak bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Sebab, membangun program digitalisasi pelayanan publik juga memerlukan pelaksanaan yang sistematis.

“Untuk itu, dukungan dari masyarakat, pihak ketiga dan stakeholder, baik legislatif ataupun eksekutif, sangat diperlukan untuk mewujudkan program tersebut,” pungkasnya. (Deni/Koran HR)

- Advertisment -