Pemda Ciamis Diminta Sediakan RS Tipe C di Cimaragas & Cidolog

Ilustrasi Rumah Sakit Pemda Ciamis. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga di wilayah Kecamatan Cimaragas dan Cidolog meminta Pemda Ciamis, menyediakan fasilitas layanan kesehatan setingkat rumah sakit (RS) tipe C di wilayah tersebut.

Pasalnya, warga di wilayah perbatasan Kecamatan Cimaragas dan Cidolog, sangat membutuhkan keberadaan fasiltas tersebut. Sebab, selama ini mereka merasa untuk mengakses fasilitas kesehatan setingkat RS sangatlah jauh, lantaran harus pergi ke pusat kota.

Dafid Firdaus, warga Ciamis, ketika ditemui Koran HR, Selasa (11/08/2018), menuturkan, meski di Kecamatan Cimaragas dan Cidolog terdapat Puskesmas, namun fasilitas, peralatan sarana dan prasarana layanan kesehatan serta tenaga medis di kedua wilayah tersebut masih sangat terbatas.

“Perlu sekali ada rumah sakit di wilayah itu, apalagi Cimaragas berbatasan langsung dengan Tasikmalaya dan Cidolog berbatasan langsung dengan Pangadaran,” katanya.

Untuk itu, Dafid berharap Pemda Ciamis menjadikan kedua wilayah itu masuk dalam kategori wilayah yang boleh untuk mendirikan RS tipe C. Terlebih, dari sisi luas wilayah dan jumlah penduduk, RS tipe C sangat memadai di wilayah itu.

“Memang sudah selayaknya jika pelayanan kesehatan seperti rumah sakit ada, sehingga ketika warga menderita panyakit kritis yang harus segera ditangai oleh alat medis dan dokter, tidak jauh-jauh.,” katanya.

Senada dengan itu, Anggota DPRD Ciamis, Oman, ketika dihubungi Koran HR, membenarkan, wilayah Cimaragas dan Cidolog layak diberi lampu hijau untuk pendirian RS tipe C.

“Harus bisa, RS berdiri. Kami akan mendukung siapapun yang akan membangun RS di wilayah itu, karena tentunya keberadaan RS berdampak positif bagi warga, mereka tidak harus jauh ketika ingin berobat,” katanya. (Es/Koran HR)

KOMENTAR ANDA