Pemdes Kujangsari Banjar Wujudkan Pilkades Kondusif dan Berbudaya

Penetapan calon Kepala Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Pilkades di Desa Kujangsari Banjar rencananya akan digelar tanggal 31 Oktober 2018. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Momen Pilkades di Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari pada 31 Oktober 2018 mendatang, menjadi bagian Pilkades serentak gelombang I di Kota Banjar. Pemerintah desa beserta panitianya bertekad dan berkomitmen untuk menghasilkan pesta demokrasi akar rumput enam tahunan yang berbudaya.

“Ada slogan, pelaksanaan Pilkades Kujangsari ini untuk diwujudkan bersama warga. Selain tercapai dengan aman, damai, tertib dan kondusif, juga komitmen Pilkades Kujangsari yang berbudaya,” kata Penjabat Kades Kujangsari Banjar, Jaja, di dampingi Sekretaris Desa Kujangsari, Aris, kepada Koran HR, saat ditemui usai mengikuti penetapan calon Kades Kujangsari, Sabtu (01/09/2018).

Jaja berharap, komitmen yang digaungkan itu bukan sekedar retorika yang berhenti pada slogan. Paling tidak, komitmen tersebut harus benar-benar diwujudkan oleh warga Desa Kujangsari.

Menurut Jaja, meski dirinya hanya menjabat kepala desa sekitar 2,5 bulan, namun setidaknya bisa ikut mensukseskan Pilkades Kujangsari. Tentunya harus mampu pula mendorong percepatan penyusunan APBDes 2019.

Sekretaris Desa Kujangsari, Aris Munandar, menambahkan, jargon Pilkades Kujangsari yang aman, damai, tertib, kondusif dan berbudaya ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah desa dan pihak panitia Pilkades saja, namun harus ditopang juga oleh warga Kujangsari untuk mewujudkannya. Tak terkecuali oleh para kandidat atau calon kepala desanya.

“Intinya, apa yang di deklarasikan Pilkades Kujangsari yang damai oleh calon kades tersebut, dapat diikuti atau ditopang oleh seluruh lapisan warga, sehingga tercapai pula Pilkades yang berbudaya,” tandasnya.

Dia menyebutkan, ketiga calon Kades Kujangsari Banjar yang sudah ditetapkan yaitu, Soleh, nomor urut 1 Soleh, Siti Aisyah, nomor urut 2, dan Mujahid, nomor urut 3. Ketiga calon tersebut diyakininya memiliki kapabilitas dan juga sebagai sosok calon pemimpin yang bisa membawa Desa Kujangsari beradab dan berbudaya.

“Ketiganya sama-sama terbaik dan bisa diterima masyarakat. Jadi, siapa pun nanti yang akan memimpin Desa Kujangsari untuk enam tahun ke depan tidak ada persoalan yang berarti. Kita harapkan kondisi aman seperti ini tetap terjaga,” tandas Aris.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Kujangsari, Mamun Syarif, mengatakan, tahapan Pilkades desanya ini sampai sekarang berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah sampai tahapan penetapan dan pengundian nomor urut calon, tidak ada gangguan apapun atau nyaman dan berjalan lancar,” ucapnya.

Setelah tahapan ini, pihaknya akan melaksanakan pengumuman calon pada tanggal 2-8 September 2018. Kemudian dilanjutkan tanggal 1 Oktober 2018 pembentukan KPPS, tanggal 25-27 Oktober kampanye, tanggal 28-30 Oktober masa tenang, dan pemungutan suara 31 Oktober 2018. (Nanks/Koran HR)