Pemkot Banjar Siap Gelar Sepeda Nusantara 2018

Rapat koordinasi teknis terakhir perhelatan lomba Sepeda Nusantara 2018 (SN) etape Mandalareh Kota Banjar, di aula pertemuan Sport Center Langensari, Jumat (14/09/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat),- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) siap menggelar salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yakni “Sepeda Nusantara 2018”. Program Kemenpora dengan jargon “Ayo Olahraga” ini akan berlangsung Minggu (16/09/2018).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dispora Kota Banjar, Nana Suryana, saat rapat koordinasi teknis terakhir perhelatan lomba Sepeda Nusantara 2018 (SN) etape Mandalareh Kota Banjar, dengan pihak pengamanan dan pihak-pihak terkait, serta jajaran panitia lainnya, di aula pertemuan Sport Center Langensari, Jumat (14/09/2018).

“Kami selaku panitia daerah yang dipercaya sudah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian dan TNI untuk keamanan dan kenyamanan peserta, yang akan bersepeda dengan start dan finish di area Sport Center Langensari ini,” ucapnya kepada HR Online.

Dia menerangkan, SN di Kota Banjar akan menempuh jarak sekitar 10 Km. Adapun rutenya start Sport Center (SC) Langensari – lapang AURI, Gunung Mandalare – Jembatan Kereta Cibeureum – Polsek Langensari – Pasar Muktisari, dan finis kembali di SC.

Nana menambahkan, acara tersebut akan dibuka langsung Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang sekaligus menutup rangkaian kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kota Banjar.

Pada prinsipnya, ujar Nana, pihaknya mengapresiasi pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora yang memberi kepercayaan kepada Kota Banjar, sebagai bagian salah satu etape SN dengan mengambil tema Bangun Indonesia 2018 ini.

Kabid Olahraga Dispora Kota Banjar, Adeng, menambahkan, sampai saat ini sudah ada sekitar 500 kupon terjual dari peserta berbagai komunitas sepeda.

“Saya perkirakan pada waktunya besok, peserta bisa mencapai 1.000 lebih. Sebab, bukan hanya peserta dari Kota Banjar, juga ambil bagian peserta luar daerah. Tentu Sepeda Nusantara etape Banjar akan meriah,” ucapnya.

Sementara koordinator tim teknis Kemenpora, Hirman Widikaryanto, mengatakan, kegiatan semacam ini digelar guna memacu ketertarikan warga dan mendukung program Kemenpora. Kota Banjar sendiri ini sudah menyiapkan dan mensosialisasikannya.

“Pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 di Kota Banjar ini merupakan etape yang ke 33 dari total keseluruhan 90 etape dari berbagai daerah penyelengara,” katanya usai rakor teknis terakhir.

Sebelumnya, jelas dia, tim Jelajah Sepeda Nusantara yang berjumlah 15 orang juga resmi bergerak dari ibu kota. Mereka diawali langung menuju pulau Kalimantan untuk mengayuh sepeda ke 137 titik kabupaten/kota sejauh 6.700 KM, meliputi Sulawesi, Jawa dan Bali sebagai titik finish.

“Banyak hadiah yang akan kami bagikan, seperti sekitar 3-4 sepeda gunung dengan cara kupon undian. Tentunya sejumlah hadiah lain atas dukungan pemerintah daerahnya dan sponsor lokal,” tuturnya.

Terpenting, menurutnya, Sepeda Nusantara ini digalakan dalam upaya menjaga kesehatan, mengurangi polusi, dan memberikan sarana refresing untuk masyarakat dengan berolahraga. Juga sebagai bentuk alat pemersatu dalam menunjang semangat membangun Indonesia.

“Di acara SN ini akan hadir langsung pejebat tinggi Kemenpora yang akan diwakili Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora,” pungkasnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA