Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarPeringati 1 Muharram, Warga Randegan Banjar Gelar Makan Bersama Sepanjang 800 Meter

Peringati 1 Muharram, Warga Randegan Banjar Gelar Makan Bersama Sepanjang 800 Meter

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Tahun Baru 1440 Hijriah, warga di lingkungan RW 10, Dusun Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar makan bersama sepanjang 800 meter, Kamis (20/9/2018) malam. Selain makan bersama, warga pun menggelar pawai obor dengan rute keliling kampung.

Asep Yana, warga setempat mengatakan, bahwa kegiatan 1 Muharram ini merupakan satu tradisi di Randegan dan hampir setiap tahun diperingati.

“Seperti menyambut hari raya, keluarga dan warga akan kumpul, sehingga kami memasak untuk dimakan bersama kemudian digelar di jalan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, ketua penyelenggara kegiatan, Uci mengatakan, makan bersama pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Makan bersama ini adalah makan terpanjang dengan panjang 800 meter.

“Bertempat di RW 10, kami makan bersama dengan warga sepanjang 800 meter di jalan lingkungan, dan ini lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Uci.

Uci menambahkan, dalam kegiatan 1 Muharram ini berbagai kreativitas ditampilkan peserta yang tentunya dengan mengusung nuansa islami, seperti nyanyian rohani, kecapi suling, rampak kendang, dan kreativitas lainnya, sehingga dalam hal ini dapat mengundang ketertarikan warga.

“Alhamdulillah banyak yang berpartisipasi, selain warga di sini, juga banyak yang datang dari warga luar,” imbuhnya.

menurutnya, momentum pergantian tahun hijriah ini supaya dijadikan renungan terutama untuk seluruh muslim.

“Di tahun baru islam ini mari kita jadikan renungan, agar di tahun ini semuanya menjadi lebih baik,” pungkas Uci.

Acara 1 Muharam ini dihadiri oleh Wakil Walikota Banjar terpilih Nana Suryana, Kapolsek Purwaharja, AKP, Sudaryanto, Danramil Banjar, tokoh agama, tokoh masyarakat, awak media, dan tamu undangan lainnya. (Hermanto/R5/HR-Online)