Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPeringati Tahun Baru Islam, Warga Kertahayu Ciamis Doa Bersama di Tengah Jalan

Peringati Tahun Baru Islam, Warga Kertahayu Ciamis Doa Bersama di Tengah Jalan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan warga dusun Kertaharja RT 27/08, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar doa bersama dalam memperingati tahun baru islam, Kamis (20/09/2018). Tradisi yang selalu digelar setiap memasuki bulan Muharam tersebut berlangsung di tengah-tengah perempatan jalan kampong.

Dalam pelaksanaan doa bersama tersebut, tampak makanan di tengah-tengah mereka, seperti nasi tumpeng dan Bubur Suran yang kemudian akan dimakan secara bersama-sama setelah acara selesai. Uniknya, pengendara yang kebetulan melintas lokasi tersebut langsung diberhentikan dan diberikan makanan oleh warga.

Sesepuh lingkungan, Pandi Nasikin, mengatakan, tradisi Suran tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap memasuki bulan Sura atau Muharam, khususnya ketika masuk tanggal 10 Muharam.

“Acara ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rizki kepada kita semua, di mana selama setahun kita telah melakukan aktivitas mengolah bumi hingga membuahkan hasil yang berlimpah,” katanya.

Dalam acara ini, lanjut Apandi, sengaja digelar di perempatan jalan kampung agar lebih leluasa dalam berbagi makanan kepada warga setempat maupun pengguna jalan yang sedang lewat.

“Kita diajarkan untuk saling berbagi antar sesama. Makanya dalam kegiatan peringatan tahun baru Islam ini sangat kental sekali keakraban warga setempat dan juga dengan warga lain yang kebetulan lewat. Mudah-mudahan saja tradisi ini selalu bertahan terus,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

- Advertisment -