PLN Area Tasikmlaya Ajari Siswa di Ciamis Soal Materi Kelistrikan

PLN Area Tasikmalaya saat mengajari siswa soal materi kelistrikan. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Ciamis mendapat ilmu mengenai tenaga listrik langsung dari sumbernya. Biasanya pelajar mendapatkan pengetahuan listrik hanya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pasalnya, sekolah ini kedatangan PLN Area Tasikmalaya yang memberikan materi langsung dalam program PLN Mengajar.

Manager PLN Area Tasikmalaya, Agus Tri Susanto, ketika dimintai tanggapan oleh Koran  HR, Selasa (04/09/2018) menuturkan, program PLN Mengajar ini bertepatan dengan hari pelanggan nasional. Materi yang disampaikan kepada para pelajar mulai dari asal-muasal listrik hingga pemasangannya.

“Jadi para pelajar ini paham proses bikin listrik itu sulit. Dari tempat yang jauh lalu dialirkan ke rumah-rumah. Jadi para siswa harus betul-betul memanfaatkan listrik ini dengan baik,” jelas Agus.

Materi lainnya mengenai bahaya listrik. Namun menurut Agus, bahaya listrik lebih disebabkan karena kondisi tertentu. Ditemui di lapangan bahaya listrik terjadi misal karena anak-anak bermain layangan menggunakan benang kawat, lalu menyentuh jaringan listrik PLN.

“Respon pelajar di Ciamis ini sangat baik, semua antusias mengikuti materi yang kami berikan. Kedepan kami akan terus melakukannya, berbagai jenjang bahkan masyarakat,” katanya.

Agus  menjelaskan, program ini bertujuan untuk membantu peningkatan pendidikan dan partisipasi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa serta menumbuhkan minat dan kepedulian kepada masyarakat, khususnya di sektor ketenagalistrikan.

Diharapkan dapat membuat siswa memiliki wawasan, kontribusi, kepedulian tentang ketenagalistrikan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Agus juga sedikit berbagi inspirasi dan pengalaman pada saat bekerja di PLN, tentang bagaimana bekerja keras dalam melakukan pelayanan dan melistrik seluruh rumah warga.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Ciamis, Agus Sumantri, menyambut baik kedatangan PLN untuk memberikan materi ilmu mengenai listrik. Karena pelajaran listrik yang disampaikan oleh guru di sekolah, berbeda dengan materi listrik yang diberikan PLN. Dimana langsung dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Langsung menerima materi dari sumbernya, harapannya ini terus berkelanjutan. Anak-anak juga bisa mengerti dan cara memperlakukan dan menggunakan listrik dengan benar. Ini sangat bermanfaat,” tuturnya.

Agus juga mengucapkan terima kasih karena PLN mengajar ini sangat membantu pihaknya dan anak didik yang kurang tahu tentang listrik.

Picky A, siswa kelas IX SMPN 1 Ciamis, mengaku sangat antusias mendengarkan materi mengenai listrik, mulai dari sumber listrik, instalasi hingga sampai menerangi perumahan. Bahkan, beberapa pelajar di Ciamis memberikan pertanyaan yang cukup kritis, semisal menanyakan trafo listrik tiba-tiba meledak dan sejenisnya.

“Senang bisa mendapat ilmu mengenai listrik langsung dari orang yang setiap hari mengurus listrik. Jadi tahu dari asal tenaga listrik sampai bisa menerangi rumah itu cukup panjang prosesnya,” katanya. (Heri/Koran HR)