Relawan di Banjarsari Ciamis Doakan yang Buang Sampah ke Sungai Miskin Terus

Potret warga yang masih buang sampah ke sungai. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan relawan di Banjarsari Ciamis melakukan aksi bersih-bersih sampah di sekitaran Pasar Banjarsari serta sungai. Selain itu, mereka juga mendoakan warga yang buang sampah ke sungai miskin terus melalui spanduk imbauan yang dipasang di sekitar sungai.

Koordinator aksi bersih-bersih sampah, Mohamad Abid, mengatakan, selain bersih-bersih sampah, para relawan juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, perilaku tidak terpuji tersebut berdampak buruk pada warga di sekitar sungai, seperti banjir dan bau tak sedap.

“Tulisan ini sebagai bentuk imbauan kami kepada warga yang doyan membuang sampah ke sungai, hingga sungai Cikaso yang ada di Banjarsari tercemar dan berdampak banjir,” terang Mohamad Abid, Sabtu (15/09/2018).

Abid berharap, dengan dilakukan gerakan tersebut, warga sekitar bisa lebih malu untuk ketika membuang sampah bukan pada tempatnya. Sehingga, efek dari budaya menjaga kebersihan itu akan berdampak baik pula pada mereka.

Dari pantauan HR Online, pada saat pelaksanaan bersih-bersih sungai, seorang warga kedapatan sedang membuang sampah di sungai. Sontak saja, para relawan pun langsung menegur hingga warga tersebut langsung tersipu malu, bahkan bingung ketika semua mata menyorotnya.

“Kebiasaan warga di sini memang sudah sangat memprihatinkan sekali. Mereka sudah tak peduli lagi terhadap lingkungan hingga sangat nampak bagaimana mereka sembrono membuang sampah seenaknya,” terang Cemoy, salah satu peserta bersih-bersih. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA