Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita CiamisSatu Ekor Macan Tutul Gunung Sawal Ciamis Masuk Perangkap Warga

Satu Ekor Macan Tutul Gunung Sawal Ciamis Masuk Perangkap Warga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seekor macan tutul dari kawasan Gunung Sawal masuk ke dalam perangkap di Blok Cilulumpang, Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Kamis (27/09/2018) malam.

Asna Maulana Sidik, mengatakan, bahwa di wilayahnya macan kumbang maupun macan tutul Gunung Sawal masih banyak yang berkeliaran di wilayah pegunungan Desa Cikupa. Menurutnya, macan tersebut turun gunung diduga karena kurangnya ketersediaan sumber makanan dan habitatnya terganggu.

“Akibat tersebut, macan turun ke wilayah penduduk dan kerap memangsa ternak milik warga. Untuk mengantisipasi hal tersebut, warga pun memasang perangkap di lokasi yang biasa dilewati macan,” katanya kepada HR Online, Jum’at (28/09/2018).

Asna menambahkan, perangkap yang dipasang tersebut diberi umpan berupa ayam. Dari tiga macan tutul yang diketahui, satu di antaranya masuk ke dalam perangkap. Kedua macan yang tidak masuk perangkap itu diduga masih berada di sekitar blok Cilulumpang.

“Macan yang sudah masuk perangkap sebelum ada tindakan dari BKSDA masih diamankan oleh warga. Sementara itu, tertangkapnya macan tersebut menjadi tontonan gratis warga sekitar,” ucapnya.

Sementara itu, Engkos, warga lainnya, mengatakan, macan kumbang maupun macan tutul tertangkap kamera trap sebanyak 9 ekor. Ia menduga, dari jumlah tersebut populasi macan tutul Gunung Sawal bisa bertambah.

“Macan aktivitasnya pada malam hari. Sedangkan yang sudah masuk perangkap sedikitnya ada 3 ekor dan sudah diserahkan ke BKSDA Ciamis. Nantinya macan-macan yang diserahkan itu mau dilepasliarkan kembali atau dimasukkan ke kebun binatang itu urusan mereka. Kita hanya ingin hewan buas tersebut tidak masuk ke wilayah pemukiman warga. (Edji/R6/HR-Online)