Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisSatu Jamaah Haji Ciamis Meninggal, Satu Lagi Dirawat di Makkah

Satu Jamaah Haji Ciamis Meninggal, Satu Lagi Dirawat di Makkah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Jamaah haji asal Kabupaten Ciamis kloter 49 tiba di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (12/09/2018). Kedatangan ratusan jamaah haji tersebut langsung disambut haru anggota keluarga, bahkan tidak sedikit yang menangis bahagia. Namun, kabar duka menyelimuti, dimana satu jemaah haji Ciamis meninggal dunia dan satu lagi sakit dan masih dirawat di salah satu rumah sakit di Makkah.

Jamaah haji kloter 49 merupakan yang terakhir dari 3 kloter. Sementara itu, keseluruhan jamaah haji asal Ciamis tercatat sebanyak 1110 jamaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Agus Abdul Kholik, mengatakan, dari total 1110 jamaah haji tersebut, dua jamaah tidak kembali lagi ke tanah air. Satu jemaah haji Ciamis meninggal dunia bernama Mimi asal Sukamantri dan 1 orang lagi bernama Joni asal Banjarsari harus dirawat di RS Makkah lantaran kakinya diamputasi karena penyakit diabetes.

“Jadi jamaah yang wafat itu dari kloter 49, dan yang belum pulang dan sedang dirawat itu dari kloter 34. Kaitannya jamaah yang sakit, itu menjadi tanggungan Negara dan sampai sekarang beliau belum memungkinkan untuk dipulangkan ke tanah air,” ujar Kepala Agus Abdul Kholik.

Agus menambahkan, jumlah jamaah haji tahun ini yang wafat dibandingkan dengan tahun sebelumnya lebih sedikit. Walaupun kematian sudah takdir Tuhan, namun upaya dalam pelayanan terhadap jamaah haji terus dilakukan secara maksimal.

“Kita juga selali mengantisipasi dan mendeteksi dini terhadap para jemaah haji yang berpotensi mengalami sakit, bahkan kita melakukan penanganan secara intensif bagi jemaah haji yang rentan terserang sakit,” pungkasnya. (Her2/HR-Online)