Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisSDN 4 Kertasari Ciamis Instruksikan Guru Motivasi Siswa Membaca Buku

SDN 4 Kertasari Ciamis Instruksikan Guru Motivasi Siswa Membaca Buku

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kertasari, yang beralamat di Jl. Kertanegara No 50, Ciamis, tepatnya di kawasan Perum Kertasari, terus berupaya meningkatkan literasi bagi siswa. Upaya itu dilakukan guna memacu minat baca serta wawasan para siswa.

Kepala SDN 4 Kertasari, H Ismail Hamdi, ketika ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu, membenarkan, semua dewan guru diberi instruksi agar memotivasi siswa dengan cara meluangkan waktu untuk membaca buku sebelum pembelajaran berlangsung.

Setelah itu, kata Ismail, siswa diminta untuk menuliskan intisari dari apa yang sudah dibacanya. Kemudian guru memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Bahkan menjadi keharusan setiap hari, agar nantinya menjadi sebuah kebiasaan,” ujarnya.

Ismail menuturkan, faktor yang menjadi penghambat dalam gemar membaca disebabkan karena rendahnya kesadaran tentang betapa banyak manfaat yang didapat dari kegiatan membaca buku dan menulis intisari buku.

“Jadi dengan gerakan literasi sekolah ini, kami ingin menumbuhkan karakter siswa yang memiliki wawasan tinggi dan bisa bermaanfaat untuk orang lain dengan metode literasi siswa,” katanya.

Tenaga pengajar SDN 4 Kertasari Ciamis, Ayu Yuliana, membenarkan bahwa pihak sekolah terus fokus untuk meningkatkan gerakan literasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa.

Ayu  menjelaskan, program literasi sekolah ini merupakan program yang bertujuan membangun budaya membaca siswa  dengan mengedepankan kebutuhan siswa. Dengan begitu siswa bukan lagi tertarik membaca, tetapi bisa memahami bahkan mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Sekolah juga ingin lebih meningkatkan dimana gerakan literasi sekolah menjadi rutinitas untuk siswa nantinya ketika mereka pulang sekolah,” katanya. (Heri/Koran HR)