Setiap Jum’at, TNI Kodim 0613 Ciamis Buka Warung Ikhlas, Bayar Seikhlasnya

TNI dari Kodim 0613 Ciamis membuka warung nasi yang diberinama Warung Ikhlas. Warung ini menyediakan berbagai menu hidangan yang dibayar oleh pembelinya dengan uang seikhlasnya atau tanpa dipatok harga. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bertujuan membantu sesama serta ingin lebih mendekatkan dengan rakyat, Anggota TNI dari Kodim 0613 Ciamis membuka warung nasi yang diberinama Warung Ikhlas. Warung ini menyediakan berbagai menu hidangan yang dibayar oleh pembelinya dengan uang seikhlasnya atau tanpa dipatok harga.

Meski si pembeli makan sekenyangnya, warung ini tetap tidak mematok harga. Warung inipun langsung jadi buruan masyarakat, terutama masyarakat kecil menengah. Warung Ikhlas Kodim 0613 Ciamis pada hari Jumat (21/9/2018), buka di depan Stadion Galuh Ciamis.

Danramil 1301 Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalerang, saat ditemui di depan warung Ikhlas, mengatakan, warung nasi ini akan rutin buka setiap hari Jumat. Namun begitu, tambah dia, warung ini tidak akan menetap di suatu tempat, tetapi akan berpindah-pindah lokasi pada setiap minggunya.

“Sasaran warung ini untuk masyarakat kecil menengah. Namun, lokasi tempatnya akan memilih di tempat ramai. Hal itu agar warung ini mudah dijangkau masyarakat,” ujarnya.

Wilde menambahkan, masakan di warung ini dimasak oleh ibu-ibu Persit (organisasi istri tentara). Setiap minggunya, kata dia, ibu-ibu akan memasak menu makanan yang berbeda-beda.

Meski memberlakukan aturan harus bayar dengan uang seikhlasnya, lanjut Wilde, namun apabila ada masyarakat yang tidak memiliki uang, tetap akan dilayani. “Intinya misi dari kegiatan ini untuk beramal. Jadi, kalau ada yang tak punya uang atau uangnya dibutuhkan untuk keperluan lain, silahkan saja makan tanpa harus bayar,” ujarnya.

Menurut Wilde, kegiatan ini digelar dalam rangkaian HUT TNI. Dengan menggelar warung ikhlasnya ini, kata dia, diharapkan dapat lebih mendekatkan TNI dengan rakyat. “Selain itu, kami pun ingin membantu masyarakat kecil. Karena memang saat ini kondisi ekonomi tengah sulit,” ujarnya.

Rencananya, kata Wilde, warung iklhas ini akan rutin digelar setiap minggunya atau tidak hanya dalam rangka HUT TNI saja. Namun begitu, ujar dia, tempat yang dipilih tidak berdekatan dengan rumah makan atau warung nasi. Namun, lokasinya tetap berada di tempat keramaian.

“Kita akan cari tempat strategis, seperti mesjid. Jadi, kalau masyarakat usai melaksanakan sholat jum’at, bisa langsung makan siang di warung kami,” ujarnya.

Biaya untuk warung ikhlas ini, kata dia, merupakan hasil patungan dari anggota TNI dan ditambah bantuan dari para agnia. Bahkan, kata dia, beberapa agnia di Ciamis sudah banyak yang meminta melakukan kerjasama dengan pihaknya untuk menggelar bakti sosial warung ikhlas ini.

“Kedepan kegiatan warung iklhas ini bisa dikerjasamakan dengan agnia atau instansi pemerintahan maupun swasta. Dengan begitu, kegiatan amal ini bisa menjadi agenda rutin. Selain itu, diharapkan pula bisa menginspirasi orang lain untuk senantiasa bersedekah dengan memberikan sebagian rezekinya untuk orang yang membutuhkan,” pungkasnya. (Her2/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA