Tanaman Palawija Panen, Petani di Dua Kecamatan di Ciamis Sumringah

Petani saat memanen tanaman palawija. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski musim kemarau tengah melanda Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, namun para petani di wilayah Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Purwadadi masih bisa meraup keuntungan dari hasil panen tanaman palawija mereka.

Petani dari dua wilayah tersebut kini tengah sumringah lantaran tanaman kacang hijau yang mereka tanam di sawah yang kering mulai panen.

Ismanudin, petani asal Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, mengaku saat ini petani di daerahnya tengah merasakan kegembiraan lantaran palawija mereka kini sudah bisa dipanen. Bahkan, harga kacang hijau hasil panen petani ini mempunyai harga jual tinggi,

“Alhamdulillah meski kemarau melanda pesawahan kami, namun tanaman palawija kami kini bisa berbuah hasil yang cukup menggairahkan. Saat ini harga kacang hijau masih bertengger di harga Rp 11 ribu per kilogramnya,” terangnya kepada HR Online Jumat, (14/09/2018).

Hal serupa dikatakan Nurhasanah, petani wilayah Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican. Ia mengaku sangat gembira dengan datangnya musim panen palawija saat ini.

“Meski harga kacang hijau saat ini terus mengalami penurunan harga, namun kami selaku petani sangat gembira dengan datangnya musim panen saat ini yang lumayan berlimpah,” katanya.

Senada dengan itu, Sariman, petani asal Dusun Buniasih, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi. Ia juga mengaku sangat gembira dengan hasil panen palawija kacang hijau. Meski hasil panennya kurang melimpah karena pertumbuhan tanaman kurang bagus, namun hasil dari palawija saat ini cukup membantu penghasilan dirinya selaku petani,

“Dari hasil panen saat ini memang kurang beruntung, namun dengan harga yang masih lumayan tinggi yaitu Rp 10 per kilogra nya. Ya hasilnya lumayan juga dan bisa menutup kebutuhan kami di musim kemarau,” katanya.

Pantauan HR Online di lapangan, di beberapa wilayah Kabupaten Ciamis saat ini para petani tengah bergembira lantaran berbagai jenis palawija, baik itu kacang hijau maupun kedelai sudah mulai bisa di panen dengan hasil yang berlimpah. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA