Terbatas Dana, Pembangunan Islamic Center Langkaplancar Pangandaran Mangkrak

Gedung Islamic Center Langkaplancar. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Proyek pembangunan gedung Islamic Center yang berada di Kecamatan Langkaplancar tak kunjung selesai. Padahal, sejak mulai dibangun beberapa tahun lalu gedung tersebut bisa digunakan sebagai tempat pusat kegiatan keagamaan. Mirisnya, pengerjaan gedung ini pun dihentikan.

Panitia pembangunan gedung Islamic Center Langkaplancar, Heri, mengatakan, penyebab terhentinya pembangunan gedung di tengah perjalanan dilatarbelakangi keterbatasan anggaran.

“Nanti kalau sudah anggaran pasti dilanjut kembali,” kata Heri kepada Koran HR, Selasa (11/09/2018).

Ia mengungkapkan, sejak kepengurusannya di tahun 2015 silam, Pemkab Pangandaran pernah memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta. Namun, jumlah bantuan tersebut tidak cukup, ditambah lagi dana bantuan dari masyarakat belum terkumpul.

“Maka dari itu pembangunan gedung ini terhenti karena masalah anggaran. Kami sudah berusaha membuat proposal ke pemerintah. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Jika kita harus meminta ke masyarakat, tentu itu bukan kewenangan kami, karena itu kewenangannya di kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Camat Langkaplancar, Munir Hidayat, mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat yang ada di Langkaplancar dan sudah berkomitmen untuk menggalang dana iuran sebesar Rp 2 ribu tiap keluarga. Sayangnya, sampai saat ini rencana tersebut pun belum berjalan.

“Demi kelancaran pembangunan gedung ini, masyarakat diharapkan berperan aktif dan melaksanakan komitmen yang kita sepakati bersama dulu. Meski begitu, pemerintah kecamatan pun akan terus berusaha mewujudkan keinginan masyarakat dengan cara mengajukan bantuan ke pemda,” kata Munir.

Masih kata Munir, pada tahun 2017 Pemkab Pangandaran sudah memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta. Ia harap di tahun 2019 ada bantuan lagi dengan jumlah yang lebih besar agar pembangunan gedung tersebut bisa segera selesai.

Cecep Darus Ubaidillah, tokoh masyarakat Langkaplancar, berharap pembangunan gedung tersebut segera selesai. Pasalnya, dalam kepengurusan panitia pembangunan sebelumnya sudah ada perombakan yang mana diharapkan ada progres pembangunan.

“Kita harap panitia bisa lebih aktif dalam bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menggalang dana pembangunan gedung itu. Meski gedung Islamic Center Langkaplancar belum jadi, tapi kegiatan kegamaan tetap berjalan seperti biasa,” pungkasnya. (Ceng/Koran HR)

Aegis Boost Pro