Tergeletak di Sawah, Perempuan Paruh Baya di Pangandaran Tewas Tersengat Listrik

Supinah, warga Dusun Karanganyar, Blok Citampele, Desa Kertaharja, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ditemukan tewas diduga akibat tersengat aliran listrik, Jum’at (31/08/2018), kemarin. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Supinah, perempuan paruh baya berusia 56 tahun, warga Dusun Karanganyar, Blok Citampele, Desa Kertaharja, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ditemukan tewas diduga akibat tersengat aliran listrik, Jum’at (31/08/2018), kemarin.

Menurut, Ica, tetangga korban, korban pertama kali ditemukan oleh warga bernama Ajat dan Sum. Saat itu, kedua warga tersebut mendapati korban sudah tergeletak di pematang sawah.

“Ibu Supinah berada di pematang sawah diduga sedang membetulkan kabel listrik yang mengaliri ke rumahnya. Karena di rumahnya tidak memiliki kilometer listrik, sehingga dia nebeng atau ‘nyolok’ listrik dengan membayar ke tetangganya yang memiliki kilometer,” ujarnya, Sabtu (01/09/2018).

Jarak dari rumah tetangga ke rumah korban, lanjut Ica, terhalang areal sawah. Sehingga agar kabel menuju ke rumah korban harus membenteng di atas areal sawah. “Warga menduga bahwa korban meninggal akibat tersengat listrik ketika membetulkan jalur kabel aliran listrik yang menuju ke rumahnya atau titiknya berada di pematang sawah,” ujarnya.

Menurut Ica, warga di blok Citampele masih banyak yang belum memiliki kilometer listrik di rumahnya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik, banyak warga yang nyolok listrik ke tetangga yang memiliki kilometer.

“Jadi, di blok Citampele banyak bentangan kabel listrik yang hanya menggunakan tiang dari kayu. Jelas itu sangat berbahaya. Karena apabila kabelnya putus dan jatuh ke tanah, bisa menyengat orang yang berada didekatnya,” ujarnya.

Kejadian warga tersengat listrik, kata Ica, bukan kali ini saja. Tetapi sudah terjadi beberapa kali. “Bahkan yang sampai meninggal bukan Ibu Sopinah saja, tetapi sebelumnya pun pernah terjadi,” imbuhnya.

Ica pun meminta Pemkab Pangandaran agar memberikan bantuan pemasangan listrik gratis ke warga blok Citampele. Hal itu agar warga memiliki kilometer di rumahnya berikut adanya pemasangan jalur listrik yang menggunakan tiang listrik PLN. “Kalau kondisi seperti ini terus dibiarkan, dipastikan akan kembali ada korban tersengat listrik,” pungkasnya. (Ceng2/R2/HR-Online)

Loading...