Tips Membuat Smartphone Makin Kencang Meski Sudah Lama Dipakai

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Sangat nyaman memakai smartphone yang masih baru, karena bisa bekerja dengan cepat, tanpa gangguan dan performa tetap ngacir.

Namun masalahnya jika ponsel dipakai dalam jangka waktu yang lama, meski harganya mahal tetap performanya bakal menurun tidak seperti baru membeli. Tetapi, Anda dapat mengakalinya supaya smartphone makin ngebut seperti baru.

Nah, berikut ini tips membuat smartphone makin kencang walaupun sudah lama dipakai, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Pakai Aplikasi File Go

Google memberikan kemudahan kepada konsumen setianya, seperti translet atau terjemahan, kirim pesan elektronik, dan lainnya. Ada juga aplikasi dari Google yang memudahkan Anda yang bisa mengontrol serta membersihkan file-file atau storage yang ada di smartphone. Aplikasi tersebut bernama File Go, yang bentuk atau desain tidak ribet serta mudah memakainya.

Yang diatur serta dibersihkan oleh aplikasi ini antara lain penyimpanan atau storage serta file. Untuk penyimpanan, Anda bisa mengecek besaran ruangnya yang ada di smartphone, baik itu yang terpakai atau masih kosong/tersedia.

File Go juga memberikan saran supaya ruang kosong pada penyimpanan internal smartphone menjadi lebih besar, yaitu dengan cara membersihkan chaced file atau lainnya.berita

Dengan file-file sampah yang menumpuk tentu membuat performa smartphone menjadi lambat, sehingga jika dibersihan chaced tersebut ruang penyimpanan akan menjadi lebih lowong, dan tentu akan menjadikan smartphone bekerja dengan optimal tanpa adanya gangguan atau hambatan.

# Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Kehadiran ponsel pintar yang baru dibeli tentu akan membuat Anda ‘gatal’ untuk mencoba berbagai aplikasi, seperti game, hiburan dan lainnya. Padahal, seringkali aplikasi yang sudah diinstal itu jarang digunakan dan parahnya lagi meski sudah tidak dipakai aplikasi tersebut tidak langsung dihapus.

Tentunya, meski jarang digunakan aplikasi tetap bekerja walaupun tidak memakan memori yang banyak. Untuk menonaktifkannya bisa dengan cara tekan ‘Menu’ kemudian pilih ‘Settings’ dan tekan ‘Apps’. Kemudian Anda bisa memilih Uninstall jika ingin menghapus secara permanen, atay Disable apabila Anda masih membutuhkannya yang sewaktu-waktu bisa dipakai kembali tanpa harus menginstal lagi.

Ingin mempermudah uninstall aplikasi dapat memakai Files Go besutan dari Google.

# Gunakan Aplikasi yang Tidak Berat

Kemudian tips membuat smartphone makin kencang bisa dengan mengecek RAM. Apabila smartphone yang Anda gunakan RAM-nya terbatas atau dibawah 2 GB serta penyimpanan internal dibawah 64 GB, sebaiknya memakai aplikasi versi ringan. Sekarang ini beberapa pengembang aplikasi membuat versi yang tidak berat atau lite. Seperti Facebook yang versi ringannya yaitu Facebook Lite, YouTube membuat YouTube Go, kemudian ada Twitter Lite, dan sebagainya.

Aplikasi versi ringan ini bertujuan supaya smartphone tidak bekerja dengan berat, dan dengan cara tersebut membuat ponsel Android menjadi lebih awet.

# Instal Update

Tips membuat smartphone makin kencang lainnya yaitu dengan memperbarui sistem operasi (OS). Biasanya, smartphone sering menyarankan untuk melakukan pembaruan OS. Tujuan dari itu supaya performa smartphone menjadi meningkat.

# Home Screen

Sebagai daya tarik agar terlihat unik atau indah, biasanya home screen atau layar utama dipasang live wallpaper. Namun sebenarnya cara tersebut dapat menjadikan smartphone menjadi lambat. So, sangat disarankan menggunakan wallpaper yang tidak bergerak/live atau biasa. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA