7 Fakta Unik tentang Kopi, Sudah Tahu?

7 Fakta Unik tentang Kopi, Sudah Tahu?. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi idola banyak orang. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata banyak fakta unik tentang kopi yang mungkin belum kamu ketahui.

Bicara mengenai kopi, tanggal 1 Oktober lalu diperingati sebagai International Coffee Day. Sebanyak 77 negara yang tergabung dalam International Coffee Organization (ICO) memilih tanggal tersebut untuk memperingati keberadaannya. Dari mulai perjalanannya saat ditanam hingga tersaji untuk dikonsumsi oleh kita.

Peringatan ini juga sekaligus untuk menghormati mereka para petani kopi, dan ternyata ada banyak fakta unik tentang kopi. Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (14/10/2018), inilah beberapa diantaranya fakta unit tersebut;

Kopi salah satu komoditi yang paling sering diperdagangkan di dunia

Karena saking populernya, komoditi ini menempati urutan kedua yang paling sering diperdagangkan di seluruh belahan dunia, setelah minyak mentah yang berada diurutan pertama. Selain itu, jual beli kopi juga mengalahkan komoditi lainnya di dunia, seperti gas alam dan emas.

40 persen kopi di dunia dihasilkan di Amerika Selatan

Kopi merupakan komoditi yang paling sering diperdagangkan di dunia, sekitar 70 negara berperan sebagai penghasil kopi. Dari jumlah sebanyak itu, Brasil dan Kolombia adalah dua negara di Amerika Selatan yang menghasilkan sekitar 40 persen kopi yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia.

Indonesia sebagai Negara penghasil kopi ketiga di dunia

Kita patut berbangga, karena Indonesia merupakan negara penghasil kopi ketiga terbesar di dunia. Dengan menempati letak geografis di sekitar garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki iklim yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah sebagai penghasil kopi, yakni Pulau Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. Dalam sejarahnya, tanaman kopi dibawa masuk ke Indonesia oleh para penjajah Belanda. Sebab, pada masa itu minuman kopi merupakan komoditi dagang yang paling banyak digemari.

Espresso dalam bahawa Italia artinya “dipaksa keluar”

Seperti kita ketahui bahwa Espresso merupakan salah satu jenis kopi yang cukup terkenal di dunia. Espresso dalam bahasa Italia artinya “dipaksa keluar.” Karena memang cara untuk menghasilkan kopi espresso seakan-akan “memaksa,” yaitu dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi pada biji kopi yang sudah digiling sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengekstraksi kopi tersebut.

Kopi luwak jenis kopi termahal di dunia

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Dari mulai kopi tubruk yang dijual di warung-warung seharga Rp 3.000, hingga kopi produksi kafe-kafe kelas internasional chain seharga Rp 50.000.

Di antara banyak kopi yang diperjualbelikan, kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi yang harganya paling mahal. Secangkir kopi luwak harganya bisa mencapai Rp 300 ribu. Sementara untuk bijinya dijual hingga 500 dolar Amerika per kilogramnya.

Mungkin kamu sendiri sudah tahu, bahwa kopi luwak berasal dari biji kopi hasil dari pencernaan hewan luwak, dan diklaim punya rasa jauh lebih nikmat dibanding kopi biasa. Proses untuk mendapatkan biji kopi dari kotoran luwak inilah yang membuat kopi jenis ini dihargai sangat mahal.

Kopi robusta mengandung lebih banyak kafein disbanding arabika

Kopi robusta dan arabika merupakan dua jenis kopi yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia. Kandungan kafein yang dimiliki kopi robusta lebih banyak dibanding arabika, yaitu 2,6 persen kafein, sedangkan arabika 1,5 persen kafein.

Kandungan kafein yang tinggi sehingga rasa kopi robusta menjadi lebih pahit, dan hal ini sangat menguntungan bagi penggemar minuman kopi. Tidak seperti arabika yang punya sensasi rasa fruity.

Selain itu, dari segi harga pun kopi robusta lebih rendah dibandingkan arabika. Kemungkinan hal ini terkait dengan proses produksi kopi arabika yang lebih banyak membutuhkan perhatian dibanding dengan robusta. Sebab, kopi arabika lebih tidak tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan.

Kopi bisa meningkatkan rasa ingin buang air besar

Jika kamu pernah merasakan ingin buang air besar setelah minum kopi, itu dikarenakan kopi menstimulasi aktivitas motorik di usus besar, yang salah satunya bisa membuat seseorang ingin buang air besar.

Di balik semua ini ada penjelasan ilmiahnya. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan Scandinavian Journal of Gastroenterology, menyebutkan, pada beberapa orang, keinginan untuk buang air besar bisa muncul hanya dalam waktu 4 menit saja setelah mengkonsumsi kopi.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang kopi yang mungkin selama ini belum kamu ketahui. Sudahkah kamu minum kopi hari ini? (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA